Lihat ke Halaman Asli

KKN BBK 4 Wringinpitu

Universitas Airlangga

Pelatihan Meningkatkan Kelompok Barokah Migran oleh KKN BBK 4 UNAIR

Diperbarui: 25 Juli 2024   11:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi. Anggota KKN BBK 4 Universitas Airlangga bersama anggota Kelompok Barokah Migran

Media sosial di era saat ini telah berkembang sangat pesat. Setiap perintis usaha akan memaksimalkan penggunaan media sosial guna memperkenalkan produk keterampilan via online. Era saat ini dalam memasarkan produk menjadi hal yang sangat krusial bagi perintis usaha, karena metode ini memudahkan metode pemasaran produk yang pernah ada sebelumnya. Kemampuan setiap perintis usaha yang dapat menampilkan foto produk yang menarik hingga mempromosikan produk secara kreatif pada media sosial kelmpok dapat menjadi hal yang berkesan dan menarik setiap konsumen.

Bersama Kelompok Barokah Migran dalam mengembangkan keterampilan warga Desa Wringinpitu dapat berkreasi selama kurang lebihnya 10 tahun, sejak 29 November 2014 dan sudah menciptakan keterampilan tangan yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan ibu rumah tangga. Namun, kelompok Barokah Migran tidak bergerak sendiri melainkan didampingin oleh Migran Care Kabupaten Banyuwangi yang membantu menciptakan produk olahan tangan yang bisa dipasarkan. Saat ini konsumen dari Kelompok Barokah Migran telah berskala internasional contohnya Thailand, Hongkong, Malaysia, Arab Saudia, dan lain-lain. Meluasnya pangsa konsumen dari Kelompok Barokah Migran ini dikarenakan, banyak rekan dari anggota kelompok yang bertempat tinggal di negara tersebut dan mengetahui produk olahan tangan. Ini tidak menjadi hambatan bagi mereka dalam mengenalkan produk bahkan, dari tim Migran Care Kabupaten Banyuwangi ikut membantu memberikan saran dan juga dukungan.

Maka dari itu, mahasiswa KKN BBK 4 Universitas Airlangga pada tanggal 17 Juli 2024 tepatnya di Desa Wringinpitu dapat memberikan pelatihan keterampilan digital marketing yang membahas mengenai platform yang paling mudah digunakan hingga hal-hal yang perlu diperhatikan saat memasarkan produk di media sosial. Saat dilakukannya pelatihan ini, Kelompok Barokah Migran dapat menerapkannya pada media sosial instagram dan juga platform penjualan online seperti Shopee. Tidak hanya dilakukan pelatihan dalam keterampilan digital marketing melainkan pelatihan dalam fotografi produk yang baik dan dapat memberikan kesan positif kepada konsumen. Dalam pelatihan fotografi produk, mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR menjelaskan beberapa elemen fotografi produk, manfaat ataupun pentingnya penggunaan foto real produk dan juga tutorial fotografi produk yang baik dan benar. Hal ini kami lakukan pelatihan hanya menggunakan media kamera handphone dengan metode yang simple.

Dokumentasi Pribadi. Salah satu anggota kelompok KKN BBK 4 UNAIR mengajarkan fitur yang dapat digunakan untuk pemotretan foto produk

Sebelum menentukan pemilihan tema ini, mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR melakukan survei pada kelompok Barokah Migran terkait kendala yang terjadi selama ini dan salah satunya terkait pelatihan fotografi produk yang menarik di mata konsumen. Dalam dunia digital yang terus berkembang, kemampuan ini sangatlah penting guna mencapai tujuan bersama dan laju pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Harapan kami mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR mendatang dapat terinspirasi dan dapat menciptakan produk olahan tangan yang dapat dipasarkan oleh Kelompok Barokah Migran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline