Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN P Kelompok 48 di Desa Watesnegoro UMSIDA yaitu melakukan pelatihan rerbranding pada UMKM yang bertujuan untuk memotivasi para pelaku bisnis agar terus mengembangkan produknya
Pada hari Minggu, tanggal 10 Februari 2024, telah dilaksanakan pelatihan UMKM rebranding produk dengan tema "Digitalisasi Ekonomi Pengembangan UMKM melalui Marketing dan Rebranding melalui Aplikasi Canva, Chat GPT dan Tiktok". Pelatihan diadakan di rumah penanggung Jawab yakni Bapak Abdurrahman yang bertempat di desa Wonosari dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.
Peserta pelatihan terdiri dari para kader PKK yang aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Watesnegoro. Mereka antusias mengikuti setiap sesi pelatihan yang disampaikan oleh rekan-rekan mahasiswa yakni Adita Alivia, Nurul Agustina, Rindiani, dan Nadhilah Aisyah Amalia.
Salah satu materi yang disampaikan adalah rebranding produk dengan membuat inovasi. Peserta diajak untuk berpikir kreatif dalam mengembangkan produk lokal yang bisa bersaing di pasar modern. Dalam sesi praktik para ibu-ibu kader diberi dua contoh produk inovasi yakni Es Mojito dan Pentol Pedas. Setelah melakukan kegiatan pelatihan ini, ibu ibu kader PKK diberikan kesempatan untuk menjual produk secara offline melalui event bazar umkm.
Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kader PKK dalam mengembangkan potensi UMKM di Desa Watesnegoro.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H