Lihat ke Halaman Asli

Nurul Febrianti

Mahasiswa UPI 2018

Mahasiswa KKN UPI Bagikan Masker dan Hand Sanitizer dalam Upaya Pencegahan Covid-19

Diperbarui: 23 Desember 2020   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membagikan masker dan hand sanitizer kepada anak sekolah

Sudah hampir 10 bulan masa pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia. Hal tersebut memengaruhi segala aktivitas masyarakat. Telah banyak dampak yang dirasakan oleh masyarakat baik secara kesehatan, sosial, ekonomi, pendidikan, politik dan pembangunan. Dampak pada bidang pendidikan mengharuskan siswa dan guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah.

Selama pandemi Covid-19, masyarakat khususnya anak sekolah harus terus diberikan edukasi mengenai pencegahan dan penanganan Covid-19 karena sudah cukup lama pembelajaran jarak jauh dilakukan membuat para siswa merasa jenuh dan memilih keluar rumah dan bermain bersama teman-temannya.

Salah satu program KKN PPD Covid-19 UPI adalah program edukasi pencegahan Covid-19. Seluruh peserta KKN tentu harus melakukan berbagai kegiatan tentang edukasi pencegahan Covid-19 kepada anak sekolah atau masyarakat. Begitu juga dengan Nurul Febrianti salah satu mahasiswa Pendidikan Kimia UPI dengan Dosen Pembimbing Lapangan Velayeti Nurfitriana Ansas, M.Pd. juga melakukan beberapa kegiatan tentang edukasi pencegahan Covid-19 kepada anak sekolah di sekitar tempat tinggalnya tepat nya di RT 02 RW 01 Kelurahan Sukapura Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah membuat hand sanitizer. Proses pembuatan hand sanitizer didokumentasikan dan diolah menjadi sebuah video. Video pembuatan hand sanitizer dengan alat-alat yang mudah didapatkan di rumah, dibagikan melalui media sosial Instagram dan Whatsapp. Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada siswa cara membuat hand sanitizer yang dapat digunakan jika harus beraktivitas di luar rumah dalam upaya pencegahan Covid-19.

Anak-anak sekolah menerima masker dan hand sanitizer

Kegiatan lainnya adalah membagikan masker dan hand sanitizer kepada beberapa anak sekolah di sekitar tempat tinggal. Setelah dibagikan masker dan hand sanitizer, anak-anak merasa senang. Dengan kegiatan tersebut, anak-anak yang bermain di luar rumah menjadi lebih peka terhadap pentingnya memakai masker dan hand sanitizer saat beraktivitas di luar rumah. Anak-anak pun mengurangi pembatasan aktivitas di luar rumah setelah diberi tahu bahwa dalam masa pandemi seperti ini kita semua dianjurkan untuk tetap di rumah saja.

Dalam segala keterbatasan aktivitas yang dapat dilakukan selama masa pandemi Covid-19 ini, tidak menghalangi mahasiswa untuk berbagi dengan sekitar. Pentingnya edukasi pencegahan Covid-19 kepada anak sekolah dapat memberikan pemahaman kepada mereka untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi. Dengan pencegahan yang dilakukan, dapat mengurangi penularan Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline