Lihat ke Halaman Asli

Nurul Febrianti

Mahasiswa UPI 2018

KKN Tematik Covid-19, Mahasiswa UPI Lakukan Upaya Penanggulangan Dampak Covid-19 dengan Membantu Guru

Diperbarui: 21 Desember 2020   06:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media Pembelajaran Power Point Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX

     

Masa pandemi covid-19 sudah berlangsung sejak bulan Maret hingga sekarang. Setelah masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir, kita memasuki tatanan kehidupan yang baru yaitu “era new normal”. Pandemi covid-19 yang terjadi sekarang ini membuat kita harus beradaptasi dengan beberapa kebiasaan baru dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan covid-19.

Adapun penerapan new normal berdampak terhadap pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka melainkan tatap maya. Adapun pembelajaran yang terjadi pada masa pandemi covid-19 adalah dengan cara pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (daring).

Pada masa pandemi covid-19 ini, Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara online atau daring di sekitar tempat tinggal tiap mahasiswa.

Nurul Febrianti yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia semester 5 Universitas Pendidikan Indonesia mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 (KKN Tematik PPD Covid-19) dengan Dosen Pembimbing Lapangan Velayeti Nurfitriana Ansas, M.Pd. Program edukasi penanggulangan dampak covid-19 bidang pendidikan dilaksanakan di SMP Kartika X-1 Bandung dengan sasaran 2 orang guru dan 10 orang siswa.

Mahasiswa tersebut membantu guru dalam pembuatan media pembelajaran secara daring dan pendampingan belajar siswa menggunakan aplikasi Whatsapp. Media pembelajaran yang dibuat berupa power point yang selanjutnya digunakan guru dalam proses pembelajaran. Power point merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran daring seperti sekarang ini.

Pendampingan belajar siswa dilakukan dengan pembentukan kelompok belajar di grup Whastapp. Siswa terlihat antusias megikuti pendampingan belajar dengan latihan soal untuk persiapan Penialaian Akhir Semester menggunakan aplikasi Quizizz. Walaupun beberapa siswa tidak dapat mengikuti latihan soal pada Quizizz dikarenakan terkendala sinyal. Pembahasan soal-soal dilanjut pada grup Whatsapp, siswa yang salah dan masih belum paham pada soal-soal yang diberikan bertanya di grup dan kami melakukan diskusi untuk membahas soal-soal tersebut.  

Pendampingan belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX

Dalam kondisi yang serba online dan terbatas untuk melakukan kegiatan secara langsung, tetapi menghentikan mahasiswa untuk melaksanakan KKN pada masa pandemi covid-19. Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyakarat dapat tetap dilaksanakan walaupun secara daring. Dengan adanya kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19, diharapkan mahasiswa dapat memeberikan manfaat kepada siswa, guru, orang tua siswa, dan masyarakat dalam meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline