Lihat ke Halaman Asli

kknunnesgiat3desaselosabrang

Tim KKN Unnes Giat 3 Desa Selosabrang

Pengenalan Program Sinau Aksara Jawa oleh Tim Mahasiswa KKN Unnes Giat di SD Negeri 1 dan 2 Selosabrang Kabupaten Temanggung

Diperbarui: 23 November 2022   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pada tanggal 15 November dan 18 November, tim mahasiswa kkn unnes giat 3 melakukan kegiatan pengajaran terkait sinau aksara jawa di SD Negeri desa selosabrang. Pembelajaran memanfaatkan papan Aksara yang merupakan media visual yang dapat membantu siswa lebih cepat dalam mengahafal Aksara Jawa. Melihat kondisi anak-anak jaman sekarang yang kurang mengenal bahasa Jawa utamanya Aksara Jawa, menjadikan bahasa Jawa semakin luntur di masyarakat.  Anak-anak akan lebih tertarik bermain games online daripada belajar.  Dengan Teknik pembelajaran yang menarik serta media yang tidak membosankan akan menarik minat siswa dalam belajar Aksara Jawa. Mengingat usia anak SD yang cenderung suka bermain maka dengan Papan Aksara ini tidak membuat siswa menjadi bosan. Papan Aksara ini mirip seperti Puzzle yang nantinya anak akan menyusun atau memasangkan Aksara Jawa dengan benar.

Kegiatan ini dilakukan pada saat pembelajaran di kelas ataupun pada saat bimbel.  Papan Aksara akan dipajang di papan tulis.  Kemudian setiap siswa secara bergantian akan menyusun Aksara Jawa dengan pasangan atau sandhangan yang sesuai.  Selain itu siswa juga akan belajar mengalih aksarakan kalimat/kata menggunakan papan aksara tersebut dengan menyusunnya sesuai dengan kalimat/kata yang di berikan.

dokpri

Tujuan dari dilaksanakannya program ini adalah untuk membantu siswa dalam mengahafal dan menulis aksara Jawa. Mengingat Aksara Jawa sering dianggap sulit bagi siswa apalagi usia SD,  maka pembelajaran Aksara Jawa dibuat dengan media yang menarik agar siswa mau untuk belajar Aksara Jawa.

Sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan juga memudahkan siswa menghapal serta menulis aksara jawa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline