Tim Mahasiswa KKN Unnes giat 3 melaksanakan program kerja pengembangan pengetahuan siswa terkait eksperimen sains sederhana berupa percobaan cara membuat magnet dari listrik dan percobaan rangkaian listrik.Kegiatan ini dilatar belakangi oleh pembelajaran fisika yang sering dirasa bosan oleh siswa karena hanya terpaku pada teori di buku, padahal jika dipraktekkan, fisika akan terasa seru dan mengasyikkan. Pembelajaran melalui praktek juga akan lebih lama diingat oleh siswa. Berdasarkan kesepakatan tema yang di ambil mengenai kemagnetan untuk kelas 4 dan kelistrikan untuk kelas 6 sekolah dasar.
Kegiatan diawali dengan pemberian materi oleh mahasiswa dan terlihat siswa sangat antusias dalam mendengarkan penjelasan. Kemudian dilanjutkan dengan eksperimen bersama merangkai alat eksperimen berupa alat elektromagnetik (kemagnetan) dan rangkaian listrik (rangkaian seri dan paralel) yang sebelumnya setiap kelas di bagi menjadi 2 kelompok. Mahasiswa mempraktekkan di depan kelas kemudian di ikuti oleh siswa.
Banyak siswa yang antusias dengan eksperimen ini. Siswa kelas 4 sangat senang saat paku besar yang di lilitkan tembaga dan di aliri listrik (batu batrai 1,5V) berhasil mengaliri listrik ke paku besar dapat menarik paku kecil sehingga sifat kemagnetan terjadi. Begitu pula dengan siswa kelas 6 sangat senang ketika rangkaian listrik dapat menyala baik rangkaian seri maupun rangkaian paralel.
Setelah melakukan eksperimen siswa diberikan lembar kerja laporan praktikum yang berguna untuk melatih siswa berfikir tentang eksperimen yang telah dilakukan. Hasilnya siswa dapat mengerjakan dengan baik sehingga siswa dapat memahami dan mengingat materi dengan baik. Kegiatan eksperimen ini mendapatkan apresiasi dari pihak guru dan kepala sekolah.
Maksud dilaksanakannya program ini adalah untuk memberikan pemahaman dan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 dan 2 Selosabrang tentang pentingnya eksperimen untuk menunjang proses belajar mengajar. Selain itu, program ini berguna untuk menciptakan alat eksperimen fisika dengan menggunakan bahan sederhana yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar sehari-hari. Dan juga untuk mendemonstrasikan eksperimen fisika sederhana serta untuk menambah wawasan siswa.
Sasaran yang ingin dicapai adalah siswa-siswi SDN 1 dan 2 Selosabrang, yang nantinya dapat melaksanakan praktikum atau eksperimen sederhana dalam setiap materi ajar dengan meggunakan bahan sederhana.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H