Lihat ke Halaman Asli

KKN universitas Gresik 2024

Mahasiswa Universitas Gresik

Pemanfaatan Olahan Jahe sebagai Salah Satu Alternatif Pengobatan yang Sangat Potensial dan Upaya Meningkatkan Perekonomian Mayarakat Desa Ngabetan

Diperbarui: 17 Juli 2024   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kkn desa Ngabetan/dok. pri

Gresik, 14 Juli 2024 -- Pada hari Minggu (14/7/2024), Anggota Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gresik desa Ngabetan melakukan kegiatan penyuluhan mengenai Pemanfaatan Olahan Jahe Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Ngabetan Cerme. Tujuan mahasiswa KKN ini bermaksud untuk mengedukasi  para ibu-ibu rumah tangga agar bisa mengolah tanaman TOGA khususnya jahe menjadi sebuah produk yang dapat menghasilkan pendapatan.

Pemanfaatan bahan alam dalam kehidupan sehari-hari telah menjadi bagian integral dari budaya dan tradisi masyarakat Indonesia. Salah satu bahan alam yang memiliki potensi besar dalam bidang kesehatan adalah jahe. Jahe, atau Zingiber officinale, merupakan salah satu rempah-rempah yang telah dikenal sejak lama karena khasiatnya dalam pengobatan tradisional. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga telah dikenal sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatan jamu, minuman tradisional khas Indonesia yang terkenal karena manfaatnya untuk kesehatan.

Kegiatan tersebut diikuti Para Ibu-Ibu PKK desa Ngabetan dengan antusias, dan setiap dari mereka membawa pulang olahan jahe serbuk untuk dicoba. Selain dijelaskan tentang produksi jahe serbuk, Mahasiswa KKN juga memberikan pelatihan bagaimana pemasaran produk melalui media digital, yang saat ini memasarkan produk melalui social media sangat efektif, dan memberikan edukasi tentang manfaat produk olahan jahe serbuk yang kaya akan maanfaat bagi Kesehatan

Produk yang dihasilkan dari mahasiswa KKN ini diharapkan akan dikembangkan menjadi sumber pendapatan masyarakat yang akan membantu perekonomian di desa, Mahasiswa juga mengupayakan proses perizinan terkait produk tersebut agar benar- benar menjadi manfaat dan siap diproduksi oleh Masyarakat.

Ibu-ibu PKK Desa Ngabetan/dok. pri

Salah satu ibu PKK desa ngabetan, ibu Anik, mengatakan "Terima kasih untuk mahasiswa KKN unigres di desa Ngabetan, semoga produk yang dihasilkan di desa kami sangat bermanfaat untuk ibu-ibu TP PKK di desa kami", ujar ibu Anik. "Semoga KKN unigres semakin sukses", Tambahnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline