Lihat ke Halaman Asli

KKN UNEJ 95

Universitas Jember

KKN UMD Unej Kelompok 95 Melakukan Re-branding Teh Japan dengan Sosialisasi Strategi Digital Marketing kepada Anggota Karang Taruna Desa Kaligedang

Diperbarui: 3 Agustus 2024   19:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar : dokumen pribadi

Jember, 2 Agustus 2024 -- Kelompok 95 dari Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember (UNEJ) menjalankan program unggulan dalam rangkaian kegiatan KKN Universitas Membangun Desa (UMD). Kelompok 95 memperkenalkan produk lokal yaitu, teh jahe pandan "JAPAN", melalui strategi digital marketing.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Desa Kaligedang, Kelompok 95 mengundang karang taruna Desa Kaligedang. Karang taruna Desa Kaligedang dengan semangat mengikuti rangkaian acara sosialisasi digital marketing produk teh jahe pandan "JAPAN".

Produk teh jahe pandan dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan dan dihasilkan dari bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di daerah setempat. Dengan cita rasa yang khas dan aroma yang menggugah selera, teh ini diharapkan mampu menjadi produk unggulan yang diminati oleh masyarakat luas. Kelompok 95 KKN UMD UNEJ menjelaskan manfaat serta cara pembuatan teh jahe pandan serta mengadakan interaksi langsung dengan audiens dan menjawab pertanyaan seputar produk tersebut.

"Kami ingin memperkenalkan teh jahe pandan kepada masyarakat luas, tidak hanya di Kaligedang tetapi juga di seluruh Indonesia. Dengan strategi digital marketing, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan kesadaran akan produk lokal ini," ucap Sukarto selaku Kepala Desa Kaligedang.

sumber gambar : dokumen pribadi

Kampanye ini mendapat sambutan positif dari berbagai pihak. Banyak masyarakat yang memberikan apresiasi atas usaha kelompok KKN UMD UNEJ ini dalam mempromosikan produk lokal dengan cara yang modern dan efektif.

Tidak hanya berfokus pada pemasaran, sosialisasi ini juga memberikan edukasi tentang pentingnya digital marketing bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Melalui pelatihan kepada anggota Karang Taruna, diharapkan sosialisasi ini menjadi hal efektif yang dapat memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam memasarkan produk secara digital dengan menggunakan berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, untuk mengenalkan produk, dan e-commerce untuk menjual produk. Dengan langkah inovatif ini, diharapkan teh JAPAN dapat dikenal lebih luas dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat. Program KKN UMD UNEJ Kelompok 95 ini menjadi contoh nyata bagaimana pemanfaatan teknologi dapat membantu pengembangan produk lokal dan memajukan desa.

Sosialisasi ini diharapkan dapat menciptakan buzz di media sosial dan meningkatkan kesadaran merek di kalangan pengguna internet. Dengan upaya sosialisasi ini berharap produk teh jahe pandan "JAPAN" dapat meraih kesuksesan di pasar dan memberikan manfaat kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline