Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN 36 UNEJ Menggelar Sosialisasi "Pemasaran di Era Digital" sebagai Strategi Penjualan UMKM Kopi Desa Sukorejo

Diperbarui: 1 Februari 2023   01:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Media sosial -  saat ini tidak hanya digunakan sebagai media bersosialisasi seperti fungsi awalnya. Namun sudah berkembang luas untuk kebutuhan lain, salah satunya adalah untuk berbisnis. Pemasaran melalui media sosial membantu mempercepat pengenalan dan peningkatan penjualan produk. Dalam hal ini, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan, terutama bagi pelaku bisnis yang baru memulai bisnisnya. Media sosial saat ini penggunaannya terlihat ideal, mudah dioperasikan dan cukup ramah bagi semua pengguna. Namun di satu sisi para pengguna juga harus memahami bagaimana proses bersosial media yang baik dan benar.

Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin merupakan desa yang kaya akan potensi alam khususnya komoditas kopi. Namun dalam hal pemasaran dan branding produk kopi ke sosial media, para pelaku UMKM belum sepenuhnya mahir memanfaatkan. Kurangnya pemahaman mengenai penggunaan dan arus media sosial sebagai wadah melakukan pemasaran produk merupakan salah satu permasalahan bagi pelaku UMKM. Beberapa media sosial pun memiliki banyak fitur dalam kreativitas, sehingga pelaku UMKM harus memaksimalkan konten yang sesuai dengan karakter bisnis untuk menjaring para calon konsumen. Selain itu, pengguna media sosial juga bebas memberikan komentar pada postingan dan dapat mempengaruhi pengguna lain yang sedang mencari tahu mengenai produk atau bisnis yang dijalankan.

Dokpri

Dokpri

Hal tersebut yang melatarbelakangi kelompok KKN 36 Universitas Jember untuk mengadakan sosialisasi digital marketing. Kegiatan "Sosialisasi Pemasaran di Era Digital" dilaksanakan pada hari Senin, 20 Januari 2023 dan berlokasi di Kampoeng Kopi Slencak, Desa Sukorejo, Kabupaten Bondowoso. Kegiatan ini mengangkat topik mengenai digital marketing, photography, serta inovasi "produk kopi" yang menjadi salah satu bentuk program kerja kelompok KKN 36. Sosialisasi dihadiri oleh perangkat desa dan beberapa kelompok UMKM kopi khususnya di Desa Sukorejo. Selain membantu para UMKM memasarkan produknya, sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan ilmu mengenai pemanfaatan teknologi dan strategi penjualan di era modern dalam mencapai target yang diharapkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline