Lihat ke Halaman Asli

Perencanaan Wisata Edukasi Kopi Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso

Diperbarui: 13 Januari 2023   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

Sukorejo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Desa Sukorejo memiliki luas wilayah 8500 Hektar. Desa Sukorejo sendiri berbatasan dengan Kecamatan Sukosari di bagian barat, bagian timur dengan kawasan Ijen dan bagian selatan dengan wilayah Tapen. Letak geografis Desa Sukorejo berada di antara lereng Gunung Ijen dan  Gunung Raung sehingga desa ini berada di dataran tinggi yaitu berkisar antara 800 hingga 1200 Mdpl. Hal ini menjadikan Desa Sukorejo memiliki potensi yang tinggi di bidang pertanian maupun perkebunan. 

Wilayah Ijen khususnya di Desa Sukorejo dikenal sebagai salah satu penghasil kopi berkualitas di Indonesia. Mayoritas dari masyarakat di Desa Sukorejo bekerja pada industri kopi. Jenis kopi yang dibudidayakan yaitu Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Luas perkebunan kopi mencapai 3000 Hektar dan terletak diantara pegunungan Ijen dan Gunung Raung. Adanya perkebunan kopi yang luas serta pengolahan kopi menjadi produk yang berkualitas, dapat meningkatkan potensi sebagai wisata edukasi kopi. 

Bersama mahasiswa KKN UNEJ dan disertai dengan dukungan perangkat desa serta masyarakat Sukorejo diharapkan wisata edukasi kopi ini dapat terealisasi dengan baik. Salah satu program utama yang dapat mendukung berjalannya program ini adalah sosialisasi digital marketing pada masyarakat-masyarakat Desa Sukorejo yang bekerja pada industri kopi. Selain itu para mahasiswa UNEJ membantu POKDARWIS Desa Sukorejo dalam pembuatan website sebagai sarana untuk memperkenalkan UMKM-UMKM serta rencana wisata edukasi kopi yang berada di Desa Sukorejo.

Dengan dilakukannya sosialisasi dan pembuatan website diharapkan dapat memperkenalkan Desa Sukorejo kepada masyarakat luas. Bersamaan dengan direncanakannya desa wisata edukasi kopi ini besar kemungkinan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang berada di Desa Sukorejo, Kabupaten Bondowoso.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline