Lihat ke Halaman Asli

KKN 201

Mahasiswa Universitas Jember

Tim KKN 201 UNEJ: Workshop Pembuatan POC kepada Kelompok Tani dan HIPPA

Diperbarui: 9 Agustus 2023   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Doc Pribadi

Lumajang News -- tim KKN 201 mengadakan kegiatan workshop pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah cair tahu kepada kelompok tani dan HIPPA sebagai upaya realisasi dari sosialisasi sebelumnya yang telah dilakukan. Tujuan dari diadakannya workshop pembuatan POC dari limbah cair tahu yaitu untuk mempromosikan alternatif pupuk kimia dengan adanya POC kepada kelompok tani serta menanggulangi permasalahan banyaknya volume limbah cair tahu yang ada di Desa Kunir Kidul.

Workshop pembuatan POC dari limbah cair tahu diadakan pada pertemuan rutinan yang diadakan oleh kelompok tani dan HIPPA. Workshop tersebut berjalan dengan lancar serta ramai oleh antusiasme kelompok tani mengenai POC. Kelompok tani menganggap POC memiliki banyak keuntungan, seperti pengurangan penggunaan pupuk kimia, mengurangi biaya pengeluaran, dan sebagainya. Selain beberapa keuntungan tersebut, bahan-bahan pembuatan POC mudah didapatkan dengan mudah khususnya limbah cair tahu sebagai bahan utamanya.

Workshop tersebut juga merupakan tindak lanjut dari sosialisasi penanganan limbah tahu yang telah diselenggarakan tim KKN 201 pada tanggal 1 Agustus 2023 di Balai Desa Kunir Kidul. Dengan adanya workshop ini, diharapkan rencana pembuatan POC ini bisa berjalan dengan lancar dan diproduksi secara massal untuk ke depannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline