Lihat ke Halaman Asli

KKN SumberJeruk

Mahasiswa KKN UNEJ KELOMPOK 102

Proses Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Menggunakan Limbah Peternakan dengan Campuran Air Leri

Diperbarui: 12 Agustus 2024   11:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN 102 & PPL Desa Sumber Jeruk

Pelaksanaan kegiatan KKN Universitas Jember periode II TA 2023/2024, KKN UMD Kelompok 102 di Kabupaten Bondowoso, Kecamatan Jambesari, Desa Sumber Jeruk melaksanakan program kerja yaitu pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) pada tanggal 22 Juli 2024. Program tersebut berkolaborasi antara kelompok KKN UMD 102 Universitas Jember bersama dengan Praktek Pekerja Lapangan (PPL) yang di tugaskan di Desa Sumber jeruk serta  Kelompok Tani di Desa Sumber Jeruk. 

Tujuan dari adanya kegiatan ini untuk memanfaatkan sumber daya yang sangat melimpah di Desa Sumber Jeruk yaitu limbah kotoran sapi dan limbah cucian air beras yang tidak di manfaatkan. Selain itu, pekerjaan utama masyarakat Desa Sumber Jeruk sebagai peternak dan petani terkhususnya yaitu petani tembakau dan cabai, sehingga menurut kelompok KKN 102 progam ini sangatlah relevan apabila di terapkan di Desa Sumber Jeruk.

Pupuk Organik Cair (POC) merupakan pupuk yang dibuat melalui proses fementasi dengan menghasilkan larutan cair dari hasil pembusukan bahan organik yang berasal dari limbah kotoran peternakan, air cucian beras dan dedak padi sebagai campuran pembuatan Pupuk Organik Cair. (POC). Lahan pertanian yang terus-menerus di pupuk menggunakan pupuk anorganik dapat merusak PH tanah, selain itu dampak yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Menurunnya PH tanah yang diakibatkan oleh pengaplikasian pupuk anorganik secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan alami nutrisi tanah, kerusakan tekstur dan struktur tanah serta dapat mengurangi Tingkat kesuburan tanah. Dampak yang dapat di rasakan berdasarkan jangka Panjang yaitu penurunan hasil panen dan kualitas hhasil panen yang menurun pada tahun-tahun setelahnya, pernataan tersebut berdasarkan hal yang dikeluhkan oleh Masyarakat petani Desa Sumber Jeruk.

Solusi yang dapat diberikan yaitu melalui Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah kotoran ternak dan air cucian beras untuk menjaga kesuburan tanah bagi pertanian. Pembuatan POC yang terbilang cukup mudah dan juga biaya yang di keluarkan cukup terjangkau. Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan POC dari limbah kotoran ternak ini meliputi limbah kotoran sapi, air cucian beras, dedak padi, EM4 (khusus pertanian), molases, dan air. Melihat bahan baku yang sangat mudah didapatkan juga menjadi salah satu faktor yang sangat menguntungkan bagi para petani untuk mendapatkan pupuk yang baik untuk tumbuhan serta limbah kotoran ternak dapat dikelola dengan baik agar tidak mencemari lingkungan . Sehingga diharapkan melalui program kerja pembuatan POC dari limbah kotoran ternak ini bisa berguna baik bagi keberlanjutan pertanian di Desa Sumber Jeruk. (KKN UMD Kelompok 102 Universitas Jember).

KKN 102 & PPL Desa Sumber Jeruk




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline