Lihat ke Halaman Asli

KKN Undip Kutosari

Universitas Diponegoro

Mahasiswi KKN Undip Semarakkan Makan Ikan untuk Penuhi Gizi Seimbang di MI Al-Muttaqin

Diperbarui: 9 Agustus 2023   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyemarakkan makan ikan untuk penuhi gizi seimbang di MI Al-Muttaqin, Kamis (20/7/2023). Foto: Dokumentasi Pribadi

Pekalongan (08/08/2023) -- Seluruh siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqin di Desa Kutosari, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh salah satu Mahasiswi KKN Undip bernama Zhahra Oktaviani Wibowo yang berasal dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan.

Sosialisasi dilaksanakan pada Kamis, 20 Juli 2023 di halaman depan MI Al-Muttaqin. Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 60 orang. Acara sosialisasi yang dilakukan mengangkat judul Mengenal Makna 4 Sehat 5 Sempurna dan Penuhi Gizi Seimbang dengan Makan Ikan. Dalam kegiatan ini, siswa-siswi diajak untuk mengenal beberapa jenis makanan sehat beserta komponen makanan sehat itu sendiri. Siswa-siswi juga dikenalkan dengan sayur-mayur sebagai salah satu sumber vitamin yang baik bagi tubuh. Selanjutnya, dikenalkan juga jenis karbohidrat yang beragam selain nasi. Hal terpenting, mereka juga dikenalkan dengan berbagai protein nabati dan hewani yang bersumber dari berbagai macam bahan pangan, salah satunya bersumber dari ikan.

Sosialisasi kepada siswa-siswi MI Al-Muttaqin, Jumat (20/7/2023). Foto: Dokumentasi Pribadi

Kandungan gizi ikan terdiri atas lemak baik, seperti EPA dan DHA, vitamin A, D, E, dan K, serta mineral, seperti Zn, Fe, Ca, dan K yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut dapat dirasakan apabila dilakukan konsumsi secara rutin. Masa pertumbuhan membutuhkan kompleks protein yang cukup agar tidak terjadi kekurangan nutrisi pada tubuh. Anak-anak pada rentang usia 7-10 tahun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memenuhi kebutuhan nutrisi, dan mengurangi kemungkinan kekurangan gizi. 

Adanya pengenalan kepada siswa-siswi terhadap pentingnya mengonsumsi makan makanan sehat dan penuhi kebutuhan gizi dengan makan ikan sangat penting dan sesuai untuk meningkatkan kesukaan anak-anak terhadap makan ikan.

Pembagian makanan 4 sehat 5 sempurna untuk penuhi gizi seimbang, Sabtu (22/7/2023). Foto: Dokumentasi Pribadi

Penanaman pola makan yang sesuai dan pengenalan gizi seimbang menjadi penting bagi anak-anak agar terbentuk rantai perbaikan gizi yang terus berkelanjutan. Pemberian contoh pola makan yang baik sejak dini akan memberikan efek yang baik untuk kedepannya, serta perubahan pola pikir bagi anak-anak mengenai makan makanan sehat.  Intensitas dan pola hidup sehat juga harus diimbangi dengan makan makanan sehat karena apa yang kita makan akan mempengaruhi produktifivitas diri kedepannya. Menindaklanjuti hal tersebut, dilakukan kegiatan pembagian makanan sehat kepada siswa-sisiwi di MI Al-Muttaqin pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Penulis: Zhahra Oktaviani Wibowo - FPIK, Teknologi Hasil Perikanan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline