Lihat ke Halaman Asli

kknum wonokerso

Universitas Negeri Malang

Memberikan Kemudahan Informasi! Mahasiswa KKN UM 2022 Upgrade Infografis di Balai Desa Wonokerso

Diperbarui: 27 Juli 2022   02:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image Awal Bentuk Layanan Administrasi Kependudukan/docpri

KABUPATEN MALANG - Penyebarluasan informasi dapat dilakukan dengan pembuatan infografis mengenai suatu perihal. Di desa Wonokerso, kecamatan Pakisaji, kabupaten Malang, pemuatan informasi mengenai layanan administrasi kependudukan desa terpampang di loket layanan administrasi desa dengan bentuk print out yang sayangnya membuat kaca loket tertutup di satu sisi, padahal informasi yang dimuat sangatlah berguna untuk warga.

Berangkat dari hal itu, kelompok KKN Reguler Universitas Negeri Malang tahun 2022 mengadakan upgrade infografis mengenai layanan administrasi kependudukan. Informasi dimuat dengan format berbeda dari sebelumnya sebagai bentuk program kuliah kerja nyata. Melalui arahan koordinator program yakni Moch. Rizal Ramadhan, kegiatan ini dilaksanakan

Berembuk dengan pihak desa

Rencana mengenai pembuatan infografis ini dirembuk melalui Bapak Wahyudi Basuki selaku sekretaris Desa Wonokerso pada hari kamis, 14 Juli 2022. Yang mana hal ini mendapat persetujuan hangat dari pihak desa. Data mentah mengenai layanan administrasi kependudukan juga diberikan dari pihak desa.

  • Survey Tempat Peletakan Infografis

Mendapatkan persetujuan dari pihak desa, tim langsung mengadakan survey mengenai penempatan infografis yang diharapkan dapat tervisualisasi dengan mudah untuk pengguna dilakukan pada hari itu juga. Pengukuran dilakukan pula untuk perancangan desain infografis.

  • Perancangan Desain

Mendapatkan data mengenai layanan membuat tim KKN menyusun rancangan informasi dalam bentuk visualisai yang dirapkan dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat desa. Pemilihan susunan informasi, layout infografis, hingga pemilihan warna telah berhasil dirancang oleh tim.

Draft akhir infografis dari tim KKN UM/docpri

  • Penyerahan draft akhir

Seusai rancangan draft infografis telah mencapai draft akhir, pada tanggal 19 Juni 2022, di pagi yang cerah itu, draft akhir mendapatkan persetujuan dari pihak desa tanpa ada kendala yang berarti

  • Pencetakan Infografis

Dengan persetujuan dari pihak desa, draft akhir akhirnya naik cetak.

Pada hari senin, 25 Juli 2022, tim KKN UM Desa Wonokerso tahun 2022 memberikan hasil infografis kepada pihak desa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline