Lihat ke Halaman Asli

KKN UM Desa Tumpakrejo

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2021

Mahasiswa KKN UM Menggelar Games Edukatif untuk Anak Usia Dini di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang di Tengah Pandemi

Diperbarui: 3 Juli 2021   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pada senin (28/06/21), mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) menggelar game edukatif untuk anak usia dini Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Kasus persebaran infeksi Coronavirus Desease 2019 (COVID-19) di Indonesia kian meningkat yang berdampak pada berbagai bidang, salah satu yang signifikan adalah bidang pendidikan. Menuntut ilmu di tengah pandemi covid-19 memberikan kejenuhan tersendiri bagi siapapun, terlebih anak usia dini. Kejenuhan dapat menciptakan rasa malas untuk belajar pada anak-anak usia dini. Oleh karena itu, Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) 2021 menggelar serangkaian Games (permainan) edukatif untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak Desa Tumpakrejo.

Games edukatif sendiri merupakan serangkaian permainan yang digunakan sebagai media belajar. Games edukatif ditujukan untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan tidak membosankan bagi anak. Terdapat 3 games edukatif yang dibawakan oleh mahasiswa KKN UM 2021, yaitu ; tebak kata, berhitung dan tepuk tangan, dan ranking 1.

Dok. pribadi

Game tebak kata dilaksanakan guna melatih kemampuan kognitif, sensorik dan motorik anak usia dini. Game ini dimulai dengan meminta siswa memperagakan suatu kata untuk kemudian ditebak oleh teman lainnya. Selanjutnya, game berhitung dan tepuk tangan guna melatih konsentrasi anak usia dini sekaligus meemperkuat pemahaman anak tentang bilangan ganjil genap. Kemudian, game yang terakhir yaitu ranking 1 yang berguna untuk mengasah pengetahuan anak dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Dalam pelaksanannya, anak-anak usia dini Desa Tumpakrejo sangat antusias. Mereka aktif dalam mengikuti serangkaian permainan yang diberikan. Menurut para peserta, mereka sangat menikmati kegiatan games edukatif ini.

Protokol kesehatan sangat diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Sebelum memasuki kelas, semua peserta diwajibkan menggunakan masker dan hand sanitizer serta lulus uji suhu menggunakan thermo gun.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) 2021 berharap game edukatif ini dapat memberikan semangat serta motivasi belajar terkhusus untuk anak-anak usia dini di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline