Bidang Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dimana manusia dapat mengenal angka, huruf dan mengenal hal diluar. Pada tahun 2020 terjadi sebuah masa pandemi di Indonesia. Hal ini berdampak pada semua bidang yang ada termasuk pendidikan.
Pembelajaran dilakukan di rumah menggunakan Handphone. Pembelajaran yang dilakukan secara daring di rumah tidak dapat menjadi solusi maksimal yang diberikan oleh guru dalam menyampaikan materi. Selain guru tidak dapat memastikan siswa memperhatikan selama pembelajaran, mengerti materi dan menguasai materi.
Dari survei yang banyak dilakukan terkait pembelajaran daring, banyak sekali anak yang tidak memahami materi. Pembelajar di rumah berlangsung hingga tahun 2021, dan di bulan November 2021 Pemerintah mulai memberikan izin kepada sekolah untuk bisa beroperasi seperti biasanya.
Sekitar akhir bulan November sekolah mulai beroperasi seperti awal dengan menggunakan Sesi dan melewati pengecekan Suhu. Paling penting dari itu Sekolah harus mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan setempat dan siswa mendapatkan izin dari orang tua.
Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang melakukan kegiatan KKN dengan tema gelaran buku. Kegiatan ini dapat membuat siswa lebih tertarik dan lebih memahami materi yang di bawa oleh Mahasiswa.
Mahasiswa di beri kesempatan untuk mengajar di kelas 4 untuk menggantikan guru yang sedang cuti dimana mahasiswa mengajar mapel matematika tematik dan bahasa. Mahasiswa mengajar dengan caranya masing-masing yang bertujuan untuk memudahkan para siswa memahami materi yang di sampaikan.
Siswa kelas 4 lebih menguasai perhitungan, perkalian dan perhitungan lainya setelah melakukan pembelajaran dengan mahasiswa. Siswa kelas 4 banyak bercerita tentang pelajaran yang dilakukan dengan Mahasiswa. Kedekatan Mahasiswa dengan Siswa menjadi motivasi Mahasiswa untuk lebih membuat sistem pembelajaran yang lebih menarik.
Dari kegiatan ini Mahasiswa dihadapi oleh sebuah permasalahan bahwa ada siswa yang susah memahami materi yang di sampaikan dan rasa percaya diri siswa yang sangat sedikit saat ingin maju kedepan untuk menjawab di papan tulis. Dari sini Mahasiswa memberikan motivasi tentang rasa percaya diri dan memberikan motivasi untuk lebih berani.
Motivasi yang diberikan Mahasiswa diterima dengan baik oleh siswa. Di hari selanjunya siswa lebih berani menunjukan rasa percaya diri mulai dari menjawab pertanyaan dari Mahasiswa, maju untuk menjawab soal yang disajikan Mahasiswa dan memberikan pesan dan kesan selama pembelajaran dengan Mahasiswa.