Lihat ke Halaman Asli

kkn.um.sumberejo

Official Account KKN UM Sumberejo 2022

Pelaksanaan Workshop Batik Ecoprint di Desa Sumberejo Bersama Mahasiswa KKN UM 2022

Diperbarui: 13 Mei 2022   08:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Ecoprint adalah cara pembuatan motif pada kain dengan teknik mencetak motif dari bahan-bahan alami yang ada di lingkungan sekitar. Bahan baku yang digunakan bisa didapatkan dengan mudah, yaitu daun jati dan daun mangga. 

Selain daun, terdapat motif pendukung yang dihasilkan dari karat. Salah satu program kerja mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang ditugaskan di Desa Sumberejo, Kecamatan Gedangan adalah melakukan kegiatan "workshop batik ecoprint". 

(28/02/2022) Pelaksanaan kegiatan tersebut terselenggara dengan adanya kolaborasi mahasiswa KKN bersama ibu-ibu kelompok PKK yang diketuai Ibu Nurul (selaku ibu lurah). 

Peserta yang mengikuti kegiatan workshop antara lain ada anggota PKK, kelompok kader batik yang ada di Sumberejo. Tujuan dengan diadakannya kegiatan ini adalah mengenalkan macam-macam kreasi batik hasil pemanfaatan motif dari alam dan menambah wawasan untuk bisa dihasilkan menjadi produk sehingga dapat dimanfaatkan sebagai produk usaha.

"Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa menambah referensi ibu-ibu batik sehingaa menjadi banyak gambaran dan kreasi ketika pembuatan batik khas sumberejo (sujo) dan dikolaborasi dengan batik ecoprint". Ucap Budiyanto, sebagai ketua pelaksana kegiatan. Pelaksanaan kegiatan ini diadakan di Balai Dusun Sumbersari. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline