Lihat ke Halaman Asli

KKNUMSRIGADING23

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Sosialisasi Pentingnya Pendidikan di Era Milenial demi Generasi yang Berkualitas

Diperbarui: 16 Mei 2023   07:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pemaparan materi sosialisasi yang dijelaskan langsung oleh Bu Wikan Budi Utami

Pendidikan itu sangat penting untuk semua orang untuk mencari ilmu setinggi-tingginya, mencerdaskan dan meningkatkan potensi dalam diri kita. Semakin bertumbuh dan berkembang setiap individu pastinya mempunyai kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Dalam rangka menekankan pengetahuan siswa-siswi mengenai pola pikir pendidikan yang sangat penting, maka kelompok KKN-T MBKM Membangun Desa UM 2023 mengadakan sosialisasi. Tujuan dari sosialisasi adalah agar anak dapat diterima dan mempertahankan eksistensi dalam kehidupan sosialnya. Kelompok KKN-T MBKM Membangun Desa UM berjumlah 7 orang diantaranya Citra Damar Ratih, Anggita Ketlin Bella Pratiwi, Martha Putri Parinding, Farah Anandya, Zasira Sekar Utami, Umam Faishal, Muhammad Ibnu Baitila Qoshim. Sementara itu, Penanggung Jawab Progam Kerja Sosialisasi Pentingnya Pendidikan di SDN 3 Srigading ini yaitu Citra Damar Ratih, mahasiswa Progam Studi S1 Matematika Universitas Negeri Malang.

Sosialisasi tersebut ditujukan untuk siswa-siswi  kelas 6 SD. Sosialisasi tersebut diadakan di SDN 3 Srigading pada hari Sabtu, 18 Maret 2023. Tema dari sosialiasi ini adalah "Pentingnya Pendidikan Di Era Milenial Demi Generasi Yang Berkualitas". Alasan memilih tema ini yaitu pendidikan sangatlah penting untuk mengedukasi dan menambah wawasan serta pengetahuan untuk generasi milenial saat ini khususnya siswa-siswi sekolah dasar mengenai pentingnya pendidikan.

Alasan memilih tempat di SDN 3 Srigading karena tempat yang strategis dan rendahnya minat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan merupakan sosialisasi dan penyampaian materi terkait pentingnya pendidikan di SDN 3 Srigading. Kegiatan sosialiasi ini dilaksanakan di ruang kelas 6 SDN 3 Srigading. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi dan juga orang tua ataupun wali murid. Dengan jumlah siswa-siswinya 27 orang dan juga orang tua ataupun wali muridnya berjumlah 27 orang. Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri oleh guru-guru SDN 3 Srigading, Kepala Desa Srigading yang bernama Pak Hadori, serta dosen pembimbing KKN-T MBKM Membangun Desa UM Membangun Desa 2023 yang bernama Dr. Fikri Aulia, M.Pd dan juga istri dari beliau yang bernama Bu Wikan Budi Utami. Dalam kegiatan ini, kelompok KKN-T MBKM Membangun Desa UM mengundang narasumber sebagai pemateri yaitu Bu Wikan Budi Utami. Penyampaian materi disampaikan selama kurang lebih 45 menit. 

Dokumentasi foto bersama pak Kepala Desa beserta guru-guru di SDN 3 Srigading

Oleh karena itu dengan sosialisasi ini diharapkan generasi milenial saat ini khususnya siswa-siswi sekolah dasar hendaknya memberikan pengajaran dan contoh perilaku positif yang merupakan cerminan dari nilai pendidikan karakter, sehingga anak mampu menginternalisasi nilai pendidikan karakter tidak hanya melalui pengajaran secara lisan tetapi juga melalui proses imitasi yang diperoleh dari tingkah laku individu di sekitarnya serta mengutamakan pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline