Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Pakisjajar

Universitas Negeri Malang

Ciptakan Desa Hijau, Tim KKN UM Mendistribusikan Tanaman ke Rumah Warga

Diperbarui: 24 Juli 2023   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi/kknumpakisjajar2023

Mahasiswa KKN Reguler Universitas Negeri Malang 2023 yang ditempatkan di Dusun Krajan, Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang menyelenggarakan program Green Village atau biasa disebut desa hijau yang berfokus di RT 06 RW 02 Karang Tengah, Dusun Krajan.

Program green village ini termasuk program kerja utama sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Diharapkan hasil dari penghijauan ini bisa dinikmati oleh warga desa di kemudian hari. Manfaat lain dari penghijaun ini, yakni dapat mengurangi pencemaran udara di sekitar lingkungan Dusun Krajan Desa Pakisjajar dan membuat lingkungan Dusun Krajan lebih hijau dan asri serta membantu menyukseskan lomba P2L.

Kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 15 Juni sampai 17 Juli 2023. Dimulai dari pembakaran sekam, penyemaian, pembibitan, pemindahan bibit ke polybag, hingga pendistribusian tanaman ke rumah-rumah warga.

Dokumentasi Pribadi/kknumpakisjajar2023

Tanaman yang diberikan tentunya bermacam-macam, seperti sayuran berupa terong, cabai, pakcoy, brokoli, dan kubis. Mahasiswa KKN UM binaan Annisya', M.Pd. ini memberikan sepuluh tanaman pada setiap rumah. Total sudah ada lebih dari 30 rumah menjadi target sasaran dalam program ini.

Bapak Enok selaku Camat Ngantang, Bapak Musthofa selaku Kepala Dusun Krajan dan Pemuda Karang Taruna Karang tengah juga turut serta membantu program kerja ini berjalan dengan lancar dan sukses.

"Kegiatan ini sangat baik. Bisa memberikan tanaman ke tetangga. Bisa menanamkan ke tetangga di Karang Tengah," ujar salah satu warga Karang Tengah atas terlaksananya kegiatan ini.

Penulis : Maghfiroh

Editor : Ane Binti




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline