Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Pakisjajar

Universitas Negeri Malang

Senyum Lebar Pemilik UMKM Usai Mengikuti Seminar UMKM oleh KKN UM Desa Pakisjajar 2023

Diperbarui: 23 Juli 2023   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi/kknumpakisjajar2023

Tim KKN dari Universitas Negeri Malang telah berhasil menyelenggarakan Seminar UMKM bertempat di Aula Balai Desa Pakisjajar pada tanggal 16 Juli 2023. Program KKN UM ini merupakan upaya nyata dari mahasiswa untuk berkontribusi dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di daerah terpencil atau yang membutuhkan, terutama pada UMKM yang ada di desa tersebut.

Seminar UMKM yang dilaksanakan oleh Tim KKN UM binaan Annisya', M.Pd. ini bertujuan untuk meningkatkan branding dari UMKM semakin meluas, sehingga penjualannya tidak hanya dalam lingkup dalam desa atau kecamatan saja tetapi diharapkan dapat meraba pada penjualan lingkup kota, kabupaten, dan provinsi, lebih baik lagi dapat terjual dalam lingkup nasional.

"Mbak, baru kali ini ada Seminar tentang UMKM sebelumnya nggak ada, ini penting banget biar UMKM yang ada di Desa Pakisjajar lebih berkembang," ujar Bu Winda pada salah satu tim KKN UM 2023.

Seminar UMKM ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat melalui sektor UMKM. Dalam seminar ini, masyarakat desa dan pelaku UMKM dapat memperoleh pengetahuan baru, berbagi pengalaman, serta mengakses informasi dan sumber daya yang dapat meningkatkan potensi dan kinerja bisnis mereka.

Melalui partisipasi dan dukungan dari Tim KKN Universitas Negeri Malang, diharapkan Desa Pakisjajar dapat meraih manfaat yang signifikan dari seminar ini, termasuk penguatan jejaring bisnis, pemahaman tentang strategi pemasaran, keterampilan manajemen, dan lain sebagainya.

"Kalau bisa pelaksanaan seminar ataupun pelatihan UMKM ini tidak hanya sekali saja dilaksanakan agar UMKM yang ada di Desa Pakisjajar ini dapat terus berkembang" ujar pemateri Seminar UMKM, Bapak Yogi Dwi Satrio.

Dokumentasi Pribadi/kknumpakisjajar2023

Semoga keberhasilan Tim KKN dan seminar UMKM ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi perkembangan dan kesejahteraan Desa Pakisjajar. Semoga juga kegiatan seperti ini dapat terus diadakan dan dilaksanakan dalam rangka mendukung pembangunan dan kemajuan daerah-daerah di Indonesia.

"Semoga selanjutnya ada seminar atau pelatihan untuk peningkatan UMKM di Desa Pakisjajar lagi," ujar Kepala Desa Pakisjajar, Bapak Muhamad Yusuf.

Penulis :  Hilham Bagus Begananda Panitis dan Risma Sembiring

Editor : Ane Binti




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline