Lihat ke Halaman Asli

KKN UM Desa Pagersari

Universitas Negeri Malang (UM)

Workshop dan Knowledge Sharing Media Pembelajaran Video untuk Guru Sekolah Desa Pagersari

Diperbarui: 30 Juni 2022   19:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi/Foto Bersama Guru Desa Pagersari

Malang - Tim Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) 2022 menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif untuk Guru Sekolah Dasar Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Kegiatan diselenggarakan di Balai Desa Pagersari Lantai 2 pada Kamis, 30 Juni 2022, pukul 09.30 – 11.30 WIB.

Pendidikan menjadi fondasi utama dalam perkembangan anak. Apalagi di zaman sekarang dimana teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat sehingga perlu adanya adaptasi dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat dengan mudah diaplikasikan menjadi sebuah inovasi dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, perlu adanya kecakapan pembuatan media pembelajaran yang harus dimiliki oleh pengajar, salah satunya media pembelajaran audio-visual atau video. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mendorong guru untuk mampu menguasai literasi digital TIK, seperti dapat menyajikan media video pembelajaran yang efektif dan relevan dalam proses pembelajaran.

Tim mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berinisiatif untuk membuat program kerja mengenai pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif untuk Guru Sekolah Dasar Desa Pagersari dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi dan pengetahuan kepada guru sekolah dasar mengenai tujuan dan manfaat video pembelajaran, serta memberikan gambaran bagaimana cara untuk membuat video pembelajaran yang interaktif, sehingga bisa mudah tersampaikan ke siswa.

Dokumentasi pribadi/Audiens Pelatihan

Audiens yang diundang adalah guru SDN 1 Pagersari, SDN 2 Pagersari, dan SMPN 4 Ngantang Satu Atap, masing-masing perwakilan guru memperhatikan dengan seksama. Pemateri yang merupakan Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM) sekaligus anggota KKN Desa Pagersari 2022, Novita Sari, menyampaikan materi dengan interaktif dan mudah dipahami.

Materi yang disampaikan yang pertama adalah mengenai hakikat dari media video pembelajaran interaktif. Novita menyebutkan bahwa media video merupakan media gabungan dari media visual dengan media audio yang kemudian akan menampilkan suatu objek yang bergerak disertai dengan suara yang beriringan. Sedangkan pembelajaran interaktif itu sendiri merupakan sifat saling melakukan interaksi atau hubungan satu sama lain.

Dokumentasi pribadi/Pemaparan Materi oleh Novita Sari

Materi selanjutnya adalah prinsip dari pembelajaran interaktif itu sendiri yang merupakan pokok dasar yang harus ada dalam video. Dalam pelatighan disebutkan bahwa prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan video pembelajaran antara kain tipe materi, durasi waktu, format sajian video, hingga aspek teknik pengambilan gambar dan suara. Pemateri juga memberikan beberapa tips dalam pengambilan gambar dan penggunaan musik serta saund effect.

Dokumentasi pribadi/Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran

Pemateri memilih untuk menggunakan aplikasi editing Kinemaster karena dirasa cukup jika hanya digunakan untuk editing video pembelajaran serta dapat diunduh pada google play store secara gratis. Sebelum materi berakhir pemateri memperkenalkan aplikasi kinemaster serta fitur-fiturnya kepada audiens kemudian disusul dengan praktik penggunaan aplikasi Kinemaster dalam mengedit video pembelajaran mulai dari add backgroud, penggunaan kunci kroma, cut, trim, penambahan teks, pemberian backsound hingga tata cara penyimpanana hasil editing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline