Lihat ke Halaman Asli

KKN UMP 034

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

KKN Rasa Staycation di "Negeri di Atas Awan"

Diperbarui: 6 September 2023   00:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Desa Dieng Kulon, sebuah desa wisata dengan julukan negeri di atas awan. Sebuah desa di ujung Banjarnegara tepatnya di Kecamatan Batur yang langsung berbatasan dengan Desa Dieng Wetan dari Wonosobo. Desa ini sudah sangat sering didatangi dan menjadi tuan rumah bagi mahasiswa KKN (Kuliah Kerja nyata).

Pada tahun 2023, untuk pertama kalinya Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata). KKN UMP 2023 mengirimkan sebuah kelompok yaitu kelompok 034 yang beranggota 12 orang dengan seorang Dosen Pembimbing Lapangan bernama Rhis Ogie Dewandanu SE., M.Acc. Kelompok 034 ini di koordinatori oleh seorang mahasiswi dari fakultas Psikologi atas nama Diana Laeli S. Diana mendapatkan amanah untuk mengkoordinasikan kelompok 34 ini.

Instagram.com/kkndiengkulon.2023

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa di singkat KKN adalah kegiatan yang memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di bangku kuliah dan dapat mengimplementasikan langsung ke masyarakat. Beberapa daerah di Banjarnegara masih memiliki beberapa masalah sosial yang berkaitan dengan kesehatan, ekonomi, pendidikan, sosial-politik, maupun budaya. Terdapat beberapa masalah yang ada di masyarakat seperti masih banyak kasus stunting, kurangnya kesadaran dari masyarakat terkait sampah, kurangnya pemanfaatan limbah tanaman hasil tani, dan kurangnya perkembangan di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah.

Sebagai koordinator dari kelompok 034 KKN UMP 2023, Diana mengatakan bahwa program kerja yang telah disusun bersama-sama dengan anggota kelompoknya memiliki arah dan bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan sumber, dan untuk menginspirasi masyarakat setempat untuk meningkatkan program di bidang pariwisata, kesehatan, pendidikan, serta ekonomi kreatif dari potensi dan sumber daya yang sudah ada.

Melihat potensi desa wisata Desa Dieng Kulon, Diana dan anggotanya berinisiatif untuk mengembangkan dan memberdayakan desa wisata Desa Dieng Kulon ini menjadi sebuah desa maju dengan kearifan lokal yang khas dan lebih mengenalkan Desa Dieng Kulon ke seluruh penjuru negeri.

Kegiatan KKN UMP di Desa Dieng Kulon/Dokpri

Kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok KKN 034 ini berfokus pada peningkatan program kesehatan, pendidikan, serta pengembangan UMKM. Program kegiatan yang dilaksanakan diantaranya adalah kegiatan edukasi GASING (Generasi Anti Stunting) kepada masyarakat, mengadakan kegiatan gerakan masyarakat sehat, pengelolaan sampah, memberikan beberapa pelatihan pada UMKM, sosialisasi pembuatan pupuk organik cair, mengikuti kegiatan semarak HUT RI ke 78, memberikan berbagai macam sosialisasi dan pelatihan kepada anak sekolah dasar dalam rangka memberikan ilmu tambahan dengan metode yang menarik yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa, pengembangan website profil desa dan yang lainnya.

Seluruh anggota kelompok memiliki harapan yang sama yaitu dengan diadakanya Kuliah Kerja Nyata ini mampu memberikan pengaruh dan perubahan pada desa dan setiap elemen masyarakat. Dan segala dokumentasi kegiatan yang telah kami lakukan, bisa dilihat di media sosial kami: instagram.com/kkndiengkulon.2023

-KKN Diana :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline