Lihat ke Halaman Asli

Lakukan Program Bimbingan Belajar Gratis, Mahasiswa KKN UM Mendapatkan Antusias yang Tinggi dari Anak

Diperbarui: 15 November 2022   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Lakukan program bimbingan belajar (bimbel) gratis, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mendapatkan antusias yang tinggi dari anak -- anak di desa Ngingit.

Bimbingan belajar (Bimbel) merupakan kegiatan pembelajaran tambahan diluar jam sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan intensitas belajar anak. Bahkan ilmu yang belum didapat atau diajarkan disekolah dapat diperoleh dari bimbingan belajar (bimbel) diluar sekolah, sehingga meningkatkan pengetahuan dan prestasi anak di sekolah. Dari hal tersebut dapat diartikan bahwa bimbingan belajar (bimbel) memiliki manfaat yang sangat baik untuk anak.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan bimbingan belajar (bimbel) secara gratis di Desa Ngingit. Kegiatan bimbingan belajar (bimbel) ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman dari anak anak di Desa Ngingit mengenai pengetahuan umum dan materi pelajaran di sekolah. 

Bimbingan belajar (bimbel) ini dilakukan guna meningkatkan pengetahuan anak dalam hal membaca, menulis, bahasa inggris, keagamaan, dan wawasan kebangsaan. Dengan dilakukannya kegiatan bimbingan belajar (bimbel) ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta minat belajar anak.

Kegiatan bimbingan belajar (bimbel) ini dilaksanakan setiap hari minggu sampai dengan hari kamis pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 19.30 WIB dan bertempat di posko KKN Dusun Krajan, Desa Ngingit.  

Materi yang diajarkan diklasifikasikan sesuai dengan tingkatan sekolah yang sedang ditempuh, yaitu meliputi penjumlahan, pengurangan, operasi perkalian, pembagian, Bahasa inggris, serta keagamaan untuk anak yang sudah memasuki SD sederajat. 

Dan belajar membaca, berhitung, serta menggambar untuk anak yang memasuki tk sederajat. Selain memberikan materi pelajaran, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang juga membantu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan sekolah.

Dengan menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan, disetiap akhir bimbingan belajar selalu diadakan kuis tanya jawab, permainan, dan reward yang bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar anak dan membuat mereka tidak bosan. Anak -- anak di desa Ngingit sangat antusias dengan adanya kegiatan Bimbingan belajar (bimbel) ini, hal itu dilihat dari jumlah anak yang datang semakin banyak seiring berjalannya kegiatan bimbingan belajar (bimbel) ini.

Daffa, salah satu anak yang mengikuti kegiatan bimbingan belajar (bimbel) oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengungkapkan rasa senang dan terimakasihnya  dengan adanya bimbingan belajar (bimbel) ini, ia merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan bimbingan belajar (bimbel) ini karena cara penyampaian yang menarik dan banyaknya variasi belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan, " kakak -- kakak KKN nya baik semua, cara mengajarnya juga seru dan engga bikin bosen, penjelasan dari kakak -- kakak nya mudah dipahami, terus juga seneng bisa dibantu ngerjain pr yang sulit -- sulit." Ungkap Daffa.

Bukan hanya Daffa dan anak -- anak yang mengikuti kegiatan bimbingan belajar (bimbel) yang merasa senang dan terbantu dengan adanya kegiatan bimbel ini, para orang tua anak -- anak yang mengikuti kegiatan bimbel ini juga merasa senang dan terbantu dengan adanya kegiatan ini. "Terimakasih banyak untuk kakak -- kakak KKN sudah meluangkan waktu dan tenaga nya untuk memberi bimbel untuk anak -- anak. Anak -- anak jadi tambah semangat untuk belajar dan setiap hari selalu pamit untuk ikut bimbel di posko KKN dengan semangat. Semoga ilmu yang berikan bisa bermanfaat bagi anak -- anak di Desa Ngingit ini." Ujar Isnaini selaku salah satu orang tua anak yang mengikuti kegiatan bimbel di Desa Ngingit.

Dokpri

Harapan kami, kegiatan bimbingan belajar (bimbel) ini dapat menghasilkan generasi muda yang cerdas dan berkarakter, sekaligus dapat meningkatkan kualitas SDM di Desa Ngingit. Dan semoga walaupun kegiatan bimbingan belajar (bimbel) ini sudah selesai, antusiasme anak -- anak dalam belajar akan tetap tinggi dan tetap semangat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline