Tim KKN Universitas Negeri Malang mengadakan sosialisasi pemasaran produk dan manajemen usaha guna mengoptimalkan pemasaran dan branding secara online. Kegiatan yang dilaksanakan pada 15 Juli 2022 ini dihadiri oleh pelaku UMKM RW 01, Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri. RW 01 dikenal sebagai kampung herbal memiliki berbagai produk seperti kerajinan eco print, telang kering, frozen food, dan lain-lain.
Thoriq selaku penanggung jawab program kerja KKN mengungkapkan bahwa, tercetusnya program ini dilatarbelakangi oleh kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha RW 01. Selama ini pemasaran secara online di Kelurahan Mojoroto menggunakan aplikasi jual-beli yaitu MJ Mall. "Keterbatasan dari MJ Mall ini yaitu hanya bisa menjangkau warga sekitar Kelurahan Mojoroto dan beberapa masyarakat Kota Kediri saja", ujar mahasiswa tersebut. "Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan UMKM dapat memasarkan lebih efisien dan produknya dikenal oleh masyarakat luas" imbuhnya.
Digitalisasi telah membuat adanya perbedaan dalam strategi bisnis sehingga memunculkan peluang dan tantangan. Untuk menunjang fenomena tersebut peserta mendapatkan materi dan pendampingan yang relevan. Pada materi pertama, peserta mendapatkan pemaparan materi tentang sistematis pemasaran secara online. Dilanjutkan dengan branding produk UMKM melalui fanspage Facebook dan strategi pemasaran untuk materi kedua.
dokpri
Pasca pelaksanaan sosialisasi, warga merasa antusias dan secara bersama-sama mengawal perintisan toko online Kampung Herbal RW 01 pada marketplace. Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini, pelaku UMKM RW 01 diharapkan mampu untuk melanjutkan penjualan produk unggulan secara online melalui e-commerce.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI