Lihat ke Halaman Asli

KKNUMMOJOROTO2022

Universitas Negeri Malang

Media Pembelajaran Ular Tangga, Inovasi Pembelajaran yang Kreatif dan Menarik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Diperbarui: 26 Juli 2022   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dalam rangka menunjang pembelajaran yang kreatif dan inovatif tim KKN UM Kelurahan Mojoroto memprakarsai pengadaan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga. 

Media ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Media Permainan Ular Tangga ini merupakan media model Education for Sustainable Development (ESD).

Educational for Sustainable Development (ESD) didefinisikan sebagai pendidikan yang mendorong perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan sikap untuk memungkinkan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan adil bagi semua. 

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) penting untuk dikembangkan di Indonesia. Minimnya identifikasi dalam mengimplementasikan ESD menyebabkan representasi ESD di Indonesia belum tereksplorasi.

Bermain merupakan aktivitas yang penting bagi anak. Kegiatan pembelajaran pada anak tingkat Pra Operasional (2-7 tahun) dan Operasional Konkrit (7--11 tahun) yang menyenangkan dilaksanakan melalui aktivitas permainan. 

Permainan bagi anak merupakan suatu aktivitas yang sangat menyenangkan, menimbulkan kegembiraan serta sebagai tempat mengekspresikan apa yang anak rasakan. 

Permainan adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan merupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak. Artinya, dengan permainan itu anak belajar hidup. 

Permainan ular tangga ini merupakan salah satu media pelengkap untuk model pengenalan pra keaksaraan bagi anak. Permainan ular tangga pada model ini dimodifikasi cara bermainnya.

Manfaat Permainan Ular Tangga yaitu : 

1. Sebagai Media Pembelajaran yang menarik dan inovatif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline