Lihat ke Halaman Asli

KKN UM Kasembon 2022

Sebagai mahasiswa

Strategi dalam Meningkatkan Potensi Nilai Jual UMKM Desa Kasembon

Diperbarui: 17 Desember 2022   09:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama UMKM desa Kasembon. Dokpri

Desa Kasembon adalah sebuah desa yang terletak diwilayah Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Desa Kasembon sendiri terdiri dari 5 (lima) Dusun, yaitu Dusun Krajan I, Dusun Krajan II, Dusun Sukorejo, Dusun Meduran dan Dusun Kaligoro. Desa Kasembon merupakan wilayah yang cukup strategis dengan memiliki luas wilayah tanah pemukiman, tanah sawah irigasi teknis, tanah sawah tadah hujan, kebun, jalan dan lain-lain serta memiliki beberapa asset usaha dan industri.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang melaksanakan KKN di Desa Kasembon Kecamatan Bululawang, dengan merancang program kerja berupa pelatihan yang mengangkat tema “Strategi Dalam Meningkatkan Potensi Nilai Jual UMKM Desa Kasembon” pelatihan ini berupa penyuluhan dan pendampingan, dengan sasaran utama pelaku UMKM khususnya di bidang makanan. Ada berbagai macam jenis makanan UMKM seperti usaha kue basah, kripik, ayam geprek, dan berbagai makanan lainnya.

Pelaksanaan penyuluhan. Dokpri

Pada saat penyuluhan berlangsung, ada beberapa materi yang disampaikan, yaitu materi mengenai pentingnya mendirikan organisasi bagi pelaku UMKM, prinsip marketing psikologi, pemanfaatan media sosial sebagai sarana untuk pemasaran produk, meningkatkan potensi nilai jual dengan cara memperbarui inovasi kemasan dengan melihat kualitas dan kreativitas produk.

Mahasiswa KKN MBKM-MD melakukan kegiatan penyuluhan dibantu oleh ketua 2 Paguyuban UMKM Bululawang untuk menyampaikan beberapa informasi mengenai kemasan produk dan teknik penjualan yang tepat. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2022 dirumah salah satu warga pelaku UMKM di Desa Kasembon dengan mengundang pelaku UMKM khsusunya di bidang makanan. Pada saat penyuluhan, peserta diberikan daftar hadir untuk mendapatkan data pelaku UMKM yang berguna untuk pendampingan pemasaran secara door to doo kepada pelaku UMKM yang telah menghadiri penyuluhan. 

Setelah penyuluhan dilaksanakan, selanjutnya diadakan pendampingan. Pendampingan tersebut dilakukan selama 3 hari dimulai pada tanggal 7-10 November 2022. Pada saat pendampingan, mahasiswa KKN MBKM-MD membantu warga pelaku UMKM dengan memanfaatkan media sosial media sebagai sarana untuk pemasaran. 

Pelaksanaan pendampingan (door to door) 

Tujuan dari diadakannya program kerja MBKM Membangun Desa kegiatan pelatihan peningkatan potensi nilai jual UMKM dengan judul “Startegi dalam Meningkatkan Potensi Nilai Jual UMKM”, dengan sasaran utama pelaku UMKM Desa Kasembon yakni agar dapat menambah pengetahuan mengenai pentingnya membentuk organisasi dagang di Desa Kasembon, membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk yang dijual melalui sosial media dan untuk meningkatkan potensi nilai jual produk dengan menginovasi kemasan agar lebih menarik sehingga dapat meningkatkan potensi nilai jual dari suatu produk yang dihasilkan. 

Penanggung Jawab : Debby Ayu Triana Wulandari

Dosen Pembimbing Lapangan : Yuniawatika, S.Pd., M.Pd

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline