Lihat ke Halaman Asli

kknumkemloko

Mengabdi untuk Negeri dan Masyarakat

KKN UM Melaksanakan Pendampingan Digital Marketing pada Remaja Desa Kemloko

Diperbarui: 20 Juli 2021   12:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Oleh: Mahasiswa KKN UM 2021

Sabtu (17/07/2021) Desa Kemloko merupakan desa yang berada di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Desa ini dikenal memiliki banyak potensi yang beragam, namun dalam prakteknya potensi ini hanya dikenal dari mulut ke mulut. Maka dari itu tim KKN UM membuat acara webinar pendampingan digital marketing untuk remaja desa kemloko. Remaja dipilih menjadi sasaran untuk webinar ini karena remaja lebih mudah dalam mengoperasikkan smartphone mereka. 

Pandampingan ini dilakukan agar remaja desa Kemloko mampu memanfaatkan perangkat digital dalam melakukan pemasaran produk. Dengan adanya webinar ini diharapkan para remaja desa Kemloko mampu melakukan pemasaran secara digital dengan sederhana, mudah dan murah.

Webinar pendampingan digital marketing ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 17 Juli 2021 pukul 08.00-10.00 melalui google meet. Pada acara ini narasumber yang dihadirkan adalah saudara Irfan Agung Purnomo yang merupakan Founder dari Rebahan Coffee.

Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Media yang bisa digunakan seperti Website, Blog, Instagram, Whatsapp, Line, Tiktok, Facebook dll. Media -- media tersebut merupakan media yang sering diakses oleh masyarakat. Konten yang bisa diupload pada media tersebut bisa seperti video atau foto yang diedit secara menarik serta terdapat keterangan dari produk itu sendiri.

Adanya PPKM darurat dari tanggal 2 Juli -- 25 Juli 2021 tidak menyurutkan antusias peserta dalam mengikuti kegiatan pendampingan Digital Marketing. Antusias peserta Digital Marketing dapat dilihat dari banyaknya peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, meskipun kegiatan dilakukan secara online atau daring melalui Google Meet Di akhir sesi pemberian materi juga banyak sekali yang antusias untuk bertanya kepada narasumber seputar tentang Digital Marketing.   

Pendampingan Digital Marketing diharapkan dapat menjadi motivasi para remaja di Desa Kemloko untuk mengembangkan usahanya melalui sosial media yang ada. Diharapkan juga kegiatan ini menjadi awal mula berkembangnya pemasaran produk-produk unggulan di Desa Kemloko. Remaja yang mengikuti kegiatan ini diharapkan mampu untuk menggerakkan perekonomian yang ada di Desa Kemloko. Mengapa harus demikian ? karena jika produk unggulan dari Desa tersebut dikenal banyak orang otomatis kesejahteraan dan penghasilan masyarakatnya meningkat.

Ditulis Oleh: Monicka Sherlyna S dan Yuli Tamara

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline