Lihat ke Halaman Asli

KKN UMGunting

KKN Pulkam UM Gunting 2021

KKN PULKAM UM: Mahasiswa Mengenalkan Pembelajaran Menggunakan Media Powerpoint Interaktif

Diperbarui: 20 Juni 2021   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran Menggunakan Media Power Point Interaktif

Sukorejo - Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar (KBM). Penggunaan media pembelajaran dapat membuat siswa menjadi tidak bosan dan aktif dalam kegiatan tanya jawab. Media pembelajaran berbasis PPT interaktif memudahkan guru dan siswa untuk melakukan komunikasi dua arah. Pada hari Rabu, (16/6) 2021, mahasiswa KKN Pulang Kampung Desa Gunting Universitas Negeri Malang yang dibimbing oleh Bapak Tomy Rizky Izzalqurny, S.E., M.S.A. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) membuat power point interaktif ini dan di implementasikan kedalam salah satu Program Kerja KKN PULKAM Desa Gunting. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media ppt interaktif dilaksanakan di SDN Gunting 1. Pembelajaran materi rotasi, revolusi, dan gerhana dilakukan dengan siswa sd kelas 5 dengan nama wali kelas Ibu Anisatul Karimah, S.Pd. yang dihadiri siswa berjumlah 14 anak dari total keseluruhan 32 siswa. Pembelajaran dilakukan pada pukul 08.00 wib, sebelum masuk ruangan siswa diwajibkan untuk mencuci  tangan dengan sabun dan mengeringkannya dengan tisu. Lalu kami juga mengecek suhu mereka dengan menggunkakan thermometer gun , jika masih ada siswa yang tidak menggunakan masker akan kami beri masker untuk dipakai. Setelah selesai mencuci tangan dan cek suhu, siswa diarahkan untuk mengisi presendi dan duduk di tempat yang sudah disediakan. Karena kasus covid-19 masih terus meningkat, jadi siswa yang hadir pada pembelajaran hari itu hanya setengah dari jumlah keseluruhan. Dengan jumlah tersebut kami bertujuan agar siswa dapat menjaga jarak, tempat duduk juga kami atur agar jarak antara siswa tetap terjaga, dan selalu ami himbau untuk selalu menggunakan maskernya.

Kegiatan Belajar Mengajar

Selanjutnya pembelajaran kita mulai dengan salam, berdoa, dan menanyakan kabar. Lalu kami berkenalan dengan menyebutkan nama kami masing – masing. Dilajutkan dengan pengamatan video pada power point interaktif, kami mengamati bersama – sama. Setelah itu kami melakukan interaksi dua arah antara pengajar dan siswa, kami bertanya tentang informasi apa yang dapat kalian ambil dari video tersebut. Secara bersaman siswa pun menjawab, lalu kami meminta salah satu siswa untuk mengutarakan pendapatnya agar rasa percaya diri muncul dalam diri siswa. Dilanjutka dengan penyampaian materi rotasi, revolusi dan gerhana. Materi kami sampaikan secara bergantian, materi rotasi dan revolusi disampaika oleh mahasiswa KKN PULKAM yang bernama saudara Triya Wulan Dari. Dan dilanjutkan dengan mengamati video tentang gerhana matahari dan gerhana bulan, dilanjutkan dengan interaksi dua arah, dan penyampaian materi disampaikan oleh mahasiswa KKN PULKAM yakni saudara Aulia Permatasari. Aulia dan Triya merupakan mahasiswa dari Universitas Negeri Malang yang saat ini sedang melaksanakan program kerja dalam KKN PULKAM. Mereka berdua berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan KSDP, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 

Setelah materi selesai disampaikan, siswa dibentuk 4 kelompok yang beranggotakan setiap kelompok 3-4 anak. Kami memberi nama setiap kelompok sesuai dengan tema pembelajaran pada hari ini yaitu, matahari, bulan, bumi dan bintang. Kami memberikan lembar LKPD yang akan dikerjakan siswa, dengan kegiatan membaca, menggunting, menempel dan membuat kesimpulan. Kami selalu mendampingi pada saat proses pengerjaan LKPD. Mereka sangat atusias dengan pembelajaran ini, ditambah dengan adanya reward yang kami berikan jika ada salah satu siswa yang beran menjawab pertanyaan tanpa ditunjuk. setelah itu, kami membahas soal LKPD tersebut secara bersama – sama, perrwakilan kelompok mengutarakan hasil diskusinya di depan kelas. Setelah selesai, kami memberikan soal evaluasi untuk mengetahui apakah materi yag kita sampaikan dapat diterima oleh siswa yang hadir.

Pada akhir pembelajaran kami mengulas sedikit tentang materi yang tadi kita pelajari bersama. Setelah itu, kami berdoa, membagikan reward, dan melaksanakan sesi foto bersama untuk dokumentasi laporan. Dengan tetap menggunakan masker kami berfoto bersama anak – anak. Dan sebelum pulang, kami melakukan tos dengan mengepalkan tangan untuk menghindari bersalaman. Setelah semua siswa pulang, kami melakukan kegiatan bersih kelas agar tidak ada sampah yang tersisa di kelas dan kembali pulang. Dengan adanya media pembelajaran ini,  banyak siswa yang mengaku senang dan tidak bosan saat pembelajaran berlangsung. Ibu Anis selaku wali kelas juga berharap jika teman-teman mahasiswa untuk memberikan edukasi mengenai pembuatan media interaktif yang lainnya agar dapat digunakan dalam pembelajaran selanjutnya. (20/6)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline