Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Pembuatan Tepung dari Pisang dan Produk Olahannya

Diperbarui: 27 Juli 2023   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi KKN UM Gedangan

Pisang adalah salah satu buah yang populer dan mudah ditemukan di banyak negara. Pisang merupakan buah yang sangat umum dijumpai, tidak terkecuali di seluruh wilayah Indonesia. Pisang juga merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B6, potassium, serat, dan antioksidan.

Pisang menjadi salah satu buah yang bisa langsung dikonsumsi dan dijadikan sebagai camilan ataupun makanan berat. Di Indonesia sendiri ada banyak olahan makanan yang terbuat dari pisang dan salah satu yang sering dijumpai adalah pisang goreng.

Namun apakah anda tahu bahwa pisang memiliki berbagai manfaat salah satunya dapat dijadikan sebagai produk olahan makanan. Selain dimakan langsung, pisang dapat diolah menjadi berbagai produk olahan, salah satunya adalah tepung pisang.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Reguler Universitas Negeri Malang pada tanggal 21 Juli 2023 yang bertepatan di Balai Desa Gedangan, yang mana kelompok tersebut membuat sebuah program kerja dengan judul "Pelatihan Pembuatan Tepung dari Pisang dan Produk Olahannya". Program kerja tersebut didukung oleh salah satu dosen Universitas Negeri Malang yang menjadi salah satu pengajar senior di Departemen Tata Boga yaitu Ibu Dra. Wiwik Wahyuni, M.Pd.

Dokumentasi Pribadi KKN UM Gedangan

Pada acara tersebut Ibu Wiwik sapaan akrab beliau memberikan sebuah materi mengenai pisang apa yang bisa digunakan untuk membuat tepung dari pisang, demonstrasi pembuatan tepung dari pisang dan produk olahan tepung pisang tersebut.

Dokumentasi Pribadi KKN UM Gedangan

Pengolahan tepung pisang dibuat dari pisang yang dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk. Proses pembuatan tepung pisang melibatkan langkah-langkah seperti pemetikan pisang dari tandannya, mencuci pisang, mengukus pisang, mengupas kulit pisang, kemudian memarut pisang yang sudah dikukus, dilanjutkan dengan pengeringan, penggilingan menjadi tepung halus, dan yang terakhir pengayakan.

Dokumentasi Pribadi KKN UM Gedangan

Dokumentasi Pribadi KKN UM Gedangan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline