Lihat ke Halaman Asli

KKN UNEJ DESA CURAHPOH

KKN UMD 16 UNEJ DESA CURAHPOH KECAMATAN CURAHDAMI KABUPATEN BONDOWOSO

KKN UMD UNEJ Kelompok 16 Melakukan Testimoni Teh Cascara dan Pupuk Organik di Desa Curahpoh

Diperbarui: 29 Agustus 2023   21:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Kegiatan KKN Kelompok 16 UNEJ

KKN UMD Unej kelompok 16 memperkenalkan inovasi baru olahan kulit kopi dan  pemanfataan kotoran sapi  berupa Teh Cascara dan Pupuk Organik kepada masyarakat di Desa Curahpoh, Curahdami, Bondowoso. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 1 Agustus 2023 dan 16 Agustus 2023 di Desa Curahpoh. Pelatihan tersebut dilakukan dengan tujuan memperkenalkan inovasi baru kepada masyarakat Desa Curahpoh bahwa kulit kopi dan kotoran sapi yang awalnya hanya menjadi limbah namun bisa diolah dan bernilai ekonomi tinggi.

Teh Cascara memiliki rasa yang unik agak manis dan sedikit masam, serta terdapat nuansa kopi didalamnya. Adapun beberapa keunggulan Teh Cascara, meningkatkan metabolisme tubuh, mengatasi masalah lambung dan menambah stamina tubuh. Tidak hanya Teh Cascara saja yang kaya akan manfaat, namun Pupuk Organik dari kulit kopi pun memiliki banyak kandungan seperti bahan organik 45,3%, Nitrogen 2,98%, Fosfor 0,18%, dan kalium 2,26% yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Lebih lanjut, pemanfaatan kulit kopi dan kotoran sapi ini dapat mengurangi limbah, serta dapat melatih diri masyarakat supaya bisa memanfaatkan sumber daya tak terpakai yang ada di desa Curahpoh.  

Hasil yang telah dicapai saat pelatihan 1 dan 2, yaitu pengetahuan baru serta pemahaman masyarakat terhadap pengolahan limbah kulit kopi dan kotoran sapi menjadi sebuah produk yang bisa dilakukan secara individu ataupun kelompok tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. "Dengan adanya pelatihan dari mahasiswa KKN Universitas Jember ini, semoga programnya bisa berkelanjutan dan menjadi desa yang bersih dan sejahtera", ungkap bapak Roni selaku sekretaris desa. Adapun faktor pendukung dalam program kegiatan ini yaitu rasa penasaran, antusias, serta dukungan dari perangkat desa Curahpoh dan para ketua RT untuk mengikuti kegiatan ini,  kekompakan dari teman-teman KKN, serta alat dan bahan yang dibutuhkan mudah diperoleh.

Dalam kegiatan ini tidak hanya sebatas pemberian teori saja, namun kelompok KKN UMD Unej kelompok 16 juga melakukan praktek pembuatan pupuk organik dan teh cascara, cara penyeduhan teh Cascara, dan bagaimana pengaplikansian pupuk oganik yang diikuti oleh seluruh perangkat desa, perwakilan Gapoktan dan ketua RT selaku perwakilan masyarakat desa Curahpoh. Ketua Gapoktan, bapak Suprapto sangat mengapresiasi kinerja mahasiswa KKN "saya selaku ketua Gapoktan mengucapkan banyak terimakasih atas ilmu yang sudah diberikan, mudah-mudahan dapat dikembangkan oleh para petani dan membawa perubahan bagi petani di desa Curahpoh", tuturnya.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline