Lihat ke Halaman Asli

KKN UNEJ DESA CURAHPOH

KKN UMD 16 UNEJ DESA CURAHPOH KECAMATAN CURAHDAMI KABUPATEN BONDOWOSO

Tingkatkan Keterampilan Praktik, Kelompok 16 KKN UMD Berlatih Membuat Pupuk Organik dan Teh Cascara

Diperbarui: 27 Juli 2023   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Kegiatan Pelatihan Kelompok 16 UNEJ

Curahpoh Bondowoso, KKN UMD 2023-

 

Pelatihan merupakan suatu proses atau kegiatan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan, serta pengalaman tertentu. Pelatihan tersebut dilakukan guna meningkatkan kinerja dan kompetensi dalam menekuni suatu bidang tertentu.

Pada tanggal 24 Juli 2023 diadakan pelatihan pembuatan produk pupuk dan teh cascara yang melibatkan Kelompok 16 KKN UMD Bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jember. Pelatihan ini bertujuan untuk memperdalam keterampilan Kelompok 16 KKN UMD dalam merealisasikan rencana program kerja bertemakan Desa Peduli Lingkungan Darat dengan pengoptimalan pengolahan limbah yang telah disosialisasikan pada minggu pertama penugasan. Praktik ini dilakukan secara internal antara mahasiswa dan PPL Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jember.

Pelatihan dimulai dengan pemberian pemahaman secara garis besar mengenai pengolahan pupuk organic dan teh cascara. Pada kesempatan tersebut PPL Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jember memberikan pemaparan tentang tata cara pembuatan dua produk tersebut secara tepat sehingga dapat mengoptimalkan manfaat bagi masyarakat di desa Curahpoh. Dengan adanya pemahaman secara teori dan praktek yang dilakukan membuat mahasiswa mendapatkan ilmu pengetahuan baru terhadap pengolahan kedua produk tersebut.

Tahapan pembuatan pupuk dilakukan secara gambling, karena kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada peserta KKN kelompok 16. Dalam percobaan pembuatan pupuk hanya dibutuhkan peralatan yang ada dan sederhana, seperti timba/ember, sekop, dan banner sebagai alas pembuatan pupuk. Bahan dasar dari pupuk tersebut merupakan kotoran hewan dicampur dengan limbah kulit kopi dan serbuk kayu yang halus. EM4 sebagai bahan untuk penguraian atas ketiga bahan komponen pupuk.

Dalam kegiatan ini kita juga diberi pemahaman tentang bagaimana cara pembuatan teh cascara yang baik. Dalam pembuatan cascara yang digunakan sebagai bahan baku yaitu kulit ceri kopi dan daging buah kopi. Pengolahan kopinya sendiri menggunakan proses olah basah. Jadi, biji kopi dan kulit dipisah ketika kopi masih segar atau baru dipetik. Setelah itu kulit kopi dijemur hingga kering. Dengan cara itu cascara yang dihasilkan memiliki cita rasa yang maksimal.

Pelatihan ditutup dengan sesi dokumentasi. PPL Dinas Pertanian dan Ketahanan Jember berharap hasil akhir dari pelatihan tersebut Kelompok 16 KKN UMD dapat mengaplikasikan materi pelatihan ke dalam pelaksanaan program kerja di Desa Curahpoh, sehingga dapat meningkatkan kualitas maupun keberlanjutannya.

Sumber: Kegiatan Pelatihan Kelompok 16 UNEJ




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline