Lihat ke Halaman Asli

KKN UMD Kelompok 31 Universitas Jember: Potensi Terpendam di Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo

Diperbarui: 12 Januari 2024   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potensi Alam di Desa Kalirejo (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Universitas Jember melaksanakan program KKN UMD Tahun Ajaran 2023/2024 pada beberapa Kabupaten di Jawa Timur mulai dari Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo dan Situbondo. Penerjunan dilakukan dimulai pada tanggal 4 Januari 2024 yang bertujuan untuk membangun desa. Salah satunya kelompok 31 yang melakukan KKN di Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.  

Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo memiliki potensi besar dalam menjadikan desa yang mandiri karena masyarakat di Desa tersebut dominan bekerja sebagai pengrajin bambu dan kayu. Letak kondisi geografis menjadikan beberapa komoditas unggulan seperti pohon jati, pohon sengon, pohon bambu dan komoditas hasil hutan lainnya yang menjadikan potensi tersebut mendukung kegiatan masyarakat untuk bekerja sebagai pengrajin kayu. Adapun topografi wilayah desa yang berada di wilayah puncak atau lereng berpotensi untuk adanya penerapan budidaya komoditas tanaman yang menyukai tempat lembab seperti jamur. Potensi hasil bumi yang ada di Desa Kalirejo diharapkan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Namun, dengan adanya potensi tersebut masyarakat desa memerlukan pendampingan mulai dari hulu hingga hilir serta kerja sama dari berbagai stakeholder untuk meningkatkan potensi desa tersebut. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, beberapa potensi yang dimiliki Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo sebagai berikut :

Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Hutan di Desa Kalirejo

Desa Kalirejo yang berada di bawah kaki Gunung Argopuro memiliki kondisi geografis yang cocok untuk pertumbuhan beberapa komoditas tanaman bambu dan kayu. Komoditas tanaman berkayu seperti pohon jati, pohon camelina dan pohon bambu. Pemanfaatan potensi melalui hasil komoditas hutan tersebut bervariasi seperti meubel dan rantang ikan. Adapun potensi sumber daya alam lain seperti hewan ternak yang mana disetiap rumah masyarakat desa Kalirejo memiliki ternak dalam skala rumahan seperti ternak sapi dan ayam.

Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) 

Berdasarkan hasil survei, sesuai dengan potensi yang ada mulai dari hasil hutannya masyarakat di Desa Kalirejo berprofesi sebagai pengrajin meubel seperti lemari, kursi dan meja. Adapun hasil dari bambu yang melimpah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk diolah menjadi kerajinan anyaman menjadi rantang ikan, besek bambu dan lainnya. Potensi masyarakat Desa Kalirejo sebagai pengrajin menambah penghasilan beberapa masyarakat desa sebagai mata pencaharian sampingan terutama bagi ibu-ibu di Desa Kalirejo.

Kelompok KKN 31 Unej bersama dengan Salah Satu Pengrajin Rantang Ikan di Desa Kalirejo (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Salah satu Pengrajin Meubel di Desa Kalirejo (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Kerajinan Rantang Ikan dari Desa Kalirejo (Sumber: Dokumentasi Pribadi)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline