Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, hampir seluruh aspek kehidupan manusia memanfaatkan kecanggihan teknologi, tidak terkecuali aspek bisnis dan ekonomi. Pemanfaatan teknologi dalam aspek bisnis dan ekonomi salah satunya yakni pemasaran produk secara online. Beberapa contoh produk yang dipasarkan mulai dari barang sandang, makanan ringan hingga minuman. Beberapa kelebihan pemasaran secara online yakni biaya pemasaran lebih murah, lebih mudah menentukan target pasar dan tidak terbatas tempat dan waktu. Namun, kendala yang dihadapi sekarang ini terutama dimasyarakat pedesaan belum mengetahui cara pemasaran secara online tak terkecuali UMKM di Desa Kasembon. "kendala yang saya hadapi sekarang ini terkait dengan pemasaran secara online belum mengetahui cara penggunaan teknologi" ujar Pak Jumadi Ahmad (pemilik UMKM permen kacang). Untuk itu tim KKN UM Desa Kasembon 2021 mengadakan sosialisasi tentang Cara Pemasaran Barang Produksi Secara Online pada UMKM Permen Kacang.
Hari Senin tanggal 14 Juni 2021, tim KKN UM Desa Kasembon 2021 mengadakan sosialisasi cara pemasaran secara online. Tim KKN UM Desa Kasembon 2021 mendatangi salah satu pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah yaitu Usaha Permen Kacang yang dirintis oleh Bapak Jumadi Ahmad. "Saya sangat antusias dan terbantu dengan adanya sosialisasi ini, karena bisa membantu kesulitan yang dihadapi oleh UMKM saya terutama pemasaran secara online" tutur Pak Jumadi Ahmad.
Dalam sosialisasi ini Tim KKN UM menjelaskan dan membantu untuk memasarkan hasil produksinya secara online, yang meliputi: cara memasarakan permen kacang melalui shopee, melalui facebook, juga melalui instagram. Dengan ini diharapkan hasil produksi permen kacang milik Bapak Jumadi Ahmad dapat dikenal oleh banyak orang dan penjualannya lebih meningkat. Selain menjelaskan dan membantu untuk mempromosikan permen kacangnya via online tersebut, kami Tim KKN UM Desa Kasembon juga akan melakukan peninjauan setiap seminggu sekali mengenai perkembangannya. Tidak hanya membantu mengenalkan memasarkan hasil produksi via online, kami Tim KKN UM Desa Kasembon juga membantu pelaku UMKM dalam pembuatan branding logo dan kemasan untuk hasil produksi mereka. Dengan ini diharapkan pembeli akan lebih tertarik untuk membeli, juga dari logo itu menjadi identitas produk tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H