Lihat ke Halaman Asli

KKN UMD 34 UNEJ Sukses Melaksanakan Skrining Dan Penyuluhan Diabetes Kepada Masyarakat Tegalpasir

Diperbarui: 10 Agustus 2023   08:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi KKN UMD 34 UNEJ

 

Tegalpasir(9 Agustus 2023) - Diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat sehingga menyebabkan kadar gula darah tinggi. Namun, masyarakat Tegalpasir masih banyak yang belum menyadari akan bahayanya penyakit diabetes melitus. Dalam upaya meningkatkan kesadaran tentang diabetes dan pencegahannya, mahasiswa KKN UMD 34 UNEJ mengadakan skrining dan penyuluhan tentang diabetes. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 4 Agustus 2023 di Balai Desa Tegalpasir mulai pukul 13.00 hingga selesai dengan partisipan masyarakat desa. Program kerja ini dibantu oleh tiga tenaga kesehatan yaitu Perawat, Bidan, dan Asisten Bidan.

 Kegiatan skrining meliputi pengecekan gula darah dan tekanan darah. Melalui skrining tersebut, masyarakat dapat mengetahui apakah mereka berisiko mengalami diabetes atau tidak. Hasil skrining sangat membantu masyarakat untuk segera mengambil langkah pencegahan atau mencari perawatan medis yang tepat.

Dok. Pribadi KKN UMD 34 UNEJ

Kegiatan ini juga dilengkapi dengan penyuluhan Diabetes Melitus yang bertujuan untuk memberikan informasi serta edukasi tentang pola hidup sehat dalam mencegah penyakit diabetes. Kami juga memberikan informasi mengenai gejala, jenis, dan komplikasi dari Diabetes Melitus.

 Inisiatif seperti ini sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit diabetes terutama bagi masyarakat Desa Tegalpasir. Mereka sangat antusias dengan diadakannya acara ini. Antusias warga dapat dilihat dari banyaknya warga yang berkonsultasi tentang kesehatan mereka setelah melakukan skrining. Salah satu tenaga kesehatan Desa Tegalpasir juga mengungkapkan harapan, “Masyarakat harus memiliki antusias yang besar supaya mereka bisa sadar akan kesehatan diri sendiri. Karena jika masyarakat sadar untuk kesehatannya sejak dini, maka penyakit-penyakit yang merupakan akibat dari gula darah dan tekanan darah tinggi sudah bisa dicegah dari awal”. Dengan melibatkan masyarakat dalam penyuluhan, kita dapat membantu mengurangi dampak diabetes dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

 Sebagai mahasiswa KKN UMD 34 UNEJ, kami berharap kegiatan skrining dan penyuluhan diabetes seperti ini dapat terus diadakan, sehingga dapat terus meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan, terutama dalam menyikapi penyakit diabetes.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline