Lihat ke Halaman Asli

KKN UMD 32

Kelompok Mahasiswa KKN UMD 32 tahun 2024 bertempat di Desa Sumberejo, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo

KKN UMD 32 UNEJ: Optimalisasi Pemasaran Beras Organik "Rejonik" Melalui Pelatihan Pemasaran Online kepada Anggota Kelompok Tani "Bahagia" Organik

Diperbarui: 4 Februari 2024   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diskusi bersama dengan ketua Poktan Bahagia "Organik" (Dokumentasi pribadi)

Kelompok Tani "Bahagia" Organik merupakan kelompok tani yang dinaungi Badan Usaha Milik Desa Sumberejo (BUMDes Sumberejo). Kelompok Tani ini terkenal karena usaha tani padi organiknya yang berhasil mengubah perilaku petani di Desa Sumberejo untuk mulai beralih ke pertanian organik yang mengutamakan keberlanjutan dan penggunaan bahan-bahan alami tanpa menggunakan pestisida dan pupuk kimia. Poktan "Bahagia" Organik memiliki 3 produk beras yang sudah dipasarkan yaitu beras putih, beras aromatik, dan beras merah. Selain itu, Poktan Bahagia pernah menjadi juara 1 pertanian organik di Kabupaten Situbondo. Dibalik prestasi yang pernah diraih oleh Poktan Bahagia terdapat sedikit kendala dalam hal pemasaran yang hanya dilakukan secara konvensional dan belum melakukan pemasaran secara online melalui platform e-commerce.

Minggu (04/02/2024) mahasiswa KKN 32 bersama dengan pemuda tani yang tergabung di Poktan "Bahagia" Organik melakukan pelatihan pemasaran online yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan beras organik. Platfrom media sosial yang dipilih untuk pemasaran online adalah shopee, instagram dan facebook. Shopee dipilih sebagai platform penjualan online karena aplikasi shopee menjadi situs penjualan online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Instagram digunakan untuk melakukan promosi produk melalui konten-konten yang di upload. Facebook merupakan platform yang sudah lama digunakan oleh para pemuda tani yang tergabung di Poktan "Bahagia" Organik. Para pemuda tani sudah tergabung dalam grup chat para petani satu Kabupaten Situbondo sehingga memudahkan dalam hal pemasaran. Sebelum dilakukan pelatihan pemasaran online, mahasiswa KKN 32 sudah membuatkan akun shopee dan instagram yang hanya dikhususkan untuk Poktan "Bahagia" Organik. Username akun shopee dan instagram Poktan "Bahagia" Organik adalah poktanbahagiaorganik dan @poktanbahagiasumberejo.

Pemaparan Materi (Dokumentasi pribadi)

Kegiatan pelatihan pemasaran online diawali dengan pemaparan materi pemasaran online melalui shopee, promosi produk melalui instagram, dan jenis-jenis konten beserta contohnya. Materi pemasaran shopee meliputi cara operasional shopee dan cara mengatur diskon untuk pengguna. Kegiatan ini disambut dengan antusisme para pemuda Poktan "Bahagia" Organik, terbukti dengan rasa keingintahuan yang tinggi mengenai bagaimana cara membuat diskon yang menarik di shopee dan bagaimana cara membuat konten di instagram. Namun, terdapat kendala yang disampaikan oleh para pemuda Poktan "Bahagia" Organik yang dapat menghambat pemasaran online. Kendala yang pertama adalah keterbatasan gadget dalam membuat konten, seperti handphone pemuda Poktan "Bahagia" Organik yang kurang mumpuni dan tidak adanya wireless microfon yang dapat membantu menangkap suara yang lebih jernih. Kendala yang kedua adalah kurangnya konsistensi dalam upload konten di media sosial karena tidak ada tim yang berfokus pada operasional sosial media. Kendala-kendala yang telah disampaikan ternyata tidak menyurutkan semangat para pemuda Poktan "Bahagia" Organik untuk memulai pemasaran produk secara online.

Pemuda Poktan "Bahagia" Organik (Dokumentasi pribadi)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline