Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UM 2021 Melaksanakan Program Kerja Pembuatan Video Profil Desa Bulukandang

Diperbarui: 24 Juli 2021   02:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang melaksanakan program kerja membuat video profil Desa Bulukandang, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 17-19 Juli 2021.

Ide pembuatan video profil desa ini dikarenakan banyaknya potensi serta prestasi desa yang kurang terekspos oleh media. Desa Bulukandang terkenal dengan penghasil durian terbesar di Kabupaten Pasuruan. Mayoritas penduduk desa Bulu kandang bekerja sebagai petani buah dan peternak sapi perah. Ketika pagi dan sore, kita akan menemui pemandangan masyarakat membawa susu dengan ditaruh diatas dikepala (atau bahasa jawanya biasa disebut: Nyowon) untuk disetorkan ke koperasi, ada 2 Koperasi susu yang menampung hasil susu sapi yang diperah oleh warga diantaranya yaitu: Koperasi Tirto Rejo Mulyo dan Koperasi Suka Makmur yang nanti proses akhir susu sapi tersebut akan di kirim ke pabrik-pabrik.

dokpri

Prestasi yang pernah diraih Desa Bulukandang diantaranya Juara 2 penataan arsip desa pada tahun 2018, Juara harapan 2 lomba siskamling tahun 2018, Juara 1 kampung tangguh semeru kebal covid tahun 2020, dan juga menjadi KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) terbaik kategori Optimalisasi pemanfaatan sumber daya di tahun 2020. 

Tujuan dari pembuatan profil desa ini yaitu sebagai media informasi memperkenalkan Desa Bulukandang kepada masyarakat luas, serta memperluas pemahaman masyarakat desa terhadap potensi desa, sehingga tumbuh kesadaran diri dalam memelihara dan pengembangan desa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline