Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UM 2021 Melaksanakan Program Kerja Pemasangan Plakat Jalur Evakuasi Bencana di SDN Bulukandang 1

Diperbarui: 15 Juli 2021   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Selasa (13/07/2021) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang Kampung Universitas Negeri Malang di Desa Bulukandang, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, melaksanakan program kerja pemasangan Plakat Jalur Evakusi Bencana di SDN Bulukandang I yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan sekolah yang tanggap akan bencana, serta meminimalisir resiko korban ketika sewaktu - waktu terjadi bencana alam. Hal ini diperlukan mengingat bahwa negara Indonesia umumnya memiliki daerah yang rawan bencana. Dengan adanya plakat jalur evakuasi ini maka akan membantu warga sekolah untuk mengetahui tempat yang aman.

Dokpri

Pihak SDN Bulukandang I menyambut baik kegiatan program kerja yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UM 2021, program kerja ini dapat menambah salah satu sarana sekolah aman bencana. Dalam program kerja ini membuat 3 plakat jalur evakuasi, 1 titik kumpul dan peta jalur evakuasi.

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan tentunya ada tahap ppersiapan yang dilakukan. Tahap awal yang kami lakukan yaitu berkoordinasi dengan pihak SDN Bulukandang I terkait pemasangan plakat ini, setelah itu melakukan analisis sekolah untuk menentukan titik pemasangan plakat jalur evakuasi, titik kumpul dan peta. Untuk tahap selanjutnya Tim KKN UM 2021 membuat peta jalur evakuasi yang di cetak berupa banner dengan ukuran A0 serta membuat plakat yang terbuat dari bahan akrilik

Setelah tahap persiapan sudah selesai, program kerja ini dilaksanakan langsung di SDN Bulukandang I. Dalam kegiatan ini diawali dengan pemasangan plakat jalur evakuasi sesuai dengan titik- titik yang telah ditentukan, setelah itu memasang plang titik kumpul serta pemasangan peta jalur evakuasi di tempat yang strategis.Tidak hanya itu, untuk memperjelas penggunaan dari jalur evakuasi serta titik kumpul yang sudah terpasang maka Tim KKN UM 2021 membuat video simulasi bencana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline