Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UM Adakan Sosialisasi Cara Membuat Pupuk Kompos pada Warga Desa Bulukandang.

Diperbarui: 28 Juni 2021   22:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pada tanggal 23 Juni 2021 Mahasiswa Universitas Negeri Malang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Pulang Kampung di desa Bulukandang, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan. Mahasiswa tersebut mengadakan suatu kegiatan Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Kompos yang dilaksanakan pada pukul 13.00-14.30 WIB. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Pulang kampung 2021 yang bertujuan untuk mengembangkan Desa Bulukandang menjadi desa yang lebih maju dalam hal mengelola limbah peternakan menjadi pupuk kompos. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu membantu masyarakat untuk mengetahui akan pentingnya potensi yang telah dimiliki oleh desa tersebut serta mengetahui prosedur pembuatan pupuk kompos yang benar.

Pada saat kegiatan, dapat terlihat bahwa masyarakat Desa Bulukandang sangatlah antusias dalam menghadiri kegiatan ini. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hadirnya seluruh masyarakat yang diundang, mengingat bahwa desa ini sebagian besar masyarakatnya memiliki hewan ternak salah satunya seperti sapi. Sehingga sangat disayangkan apabila kotoran ternak tersebut hanya dibuang begitu saja tanpa ada pengelolaan lebih lanjut. Kegiatan ini tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang ada, seperti halnya mewajibkan para tamu undangan untuk memakai masker, mengecek suhu tubuh para tamu dan menyemprotkan handsanitizer secukupnya pada telapak tangan tamu undangan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan melalui sosialisasi yang dilakukan oleh penanggung jawab program kerja. Kemudian, masuk pada sesi materi dengan tema pembuatan pupuk kompos dan menjelaskan mengenai pupuk kompos yang dilakukan oleh para penanggung jawab program kerja. Selanjutnya terdapat sesi tanya jawab, pada sesi ini para tamu undangan sangat antusias dalam melontarkan beberapa pertanyaan. Setelah adanya sosialisasi pembuatan pupuk kompos ini, dilanjutkan dengan praktik pembuatan pupuk kompos. Dimana bahan dan alat yang dibutuhkan sudah dipersiapkan sebelum kegiatan dimulai. Program kerja pembuatan pupuk kompos ini dipegang oleh 2 orang penanggung jawab program kerja. Pada saat praktik pembuatan pupuk kompos, para tamu undangan juga terus melontarkan beberapa pertanyaan kepada penanggung jawab program kerja. Kegiatan ini berlangsung sukses, karena para tamu undangan tertarik dengan pembuatan pupuk kompos ini.

Berdasarkan kegiatan Sosialisasi dan pembuatan pupuk kompos yang telah dilakukan di Desa Bulukandang oleh mahasiswa KKN Pulang Kampung tahun 2021, dapat diketahui bahwa desa ini memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan. Mengingat sebagian masyarakat di desa ini memiliki 2 profesi yang bergantung pada musim, pada saat musim kemarau masyarakat desa ini tidaklah bercocok tanam melainkan lebih mengarah ke peternak. Sedangkan pada musim hujan masyarakat desa ini kembali menjadi petani dengan bercocok tanam. Sehingga dengan adanya hal tersebut, proes pembuatan pupuk ini sangatlah bagus diterapkan pada saat musim kemarau, karena proses pembuatan pupuk kompos sedikit tidak sesuai dilakukan pada musim penghujan. Maka pembuatan pupuk kompos ini menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Desa Bulukandang untuk meningkatkan tingkat kesuburan tanah dan menambah tingkat pendapatan masyarakat atau desa melalui penjualan pupuk kompos.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline