Belakangan ini , bisnis online sudah menjadi makanan sehari-hari, dengan mengandalkan berbagai macam media online , baik seperti social media , marketplace , maupun website . mengingat pengguna internet di indonesia sudah menyentuh angka 202,6 juta jiwa (putri, 2021) meningkatkan peluang bagi kita untuk menghasilkan uang melalui internet. Salah satu cara yang paling mendasar adalah menggunakan website untuk memperkenalkan produk dan usaha kita di dunia maya.
Desa Blayu, desa yang terletak di kecamatan Wajak, kabupaten Malang merupakan desa yang mempunyai banyak produk lokal, seperti umbi umbian, buah buahan, dan yang menjadi maskot desa Blayu adalah kerajinan Mendong, yaitu tikar, tali, tas , dll . Dan juga desa Blayu mempunyai kolam renang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wistawan lokal maupun asing. Akan tetapi, semua itu percuma apabila tidak dikenal oleh masyarakat luas . lantas , bagaimana caranya agar masyarakat tahu ? salah satunya dengan menggunakan website.
"Desa kami mempunyai kerajinan mendong yang bagus, tetapi kurang dikenal oleh masyarakat luas" ungkap pak Wiwin, selaku penanggung jawab website di desa Blayu. Mendengar ungkapan tersebut, kami tim KKN UM desa Blayu memutuskan untuk membuat website sebagai salah satu program kerja. Selain itu, pak Wiwin juga berkata bahwa pemerintah sudah memberikan website untuk dikelola, tetapi administrasinya tidak jelas, yang mempersulit kami dalam mengelolanya .
Bermodalkan google sites , tim pembuat website KKN UM dengan penanggungjawab M. Zamani Ahsan dan Moh. Ghossan 'Azim mengerjakan pembuatan website, website ini berisi konten yang mendukung UMKM desa Blayu, seperti tempat wisata lokal, penjualan produk lokal , dsb. Dengan berpenampilan user friendly , pengunjung website juga dapat akses jalan menuju lokasi desa dan setiap tempat wisata di desa. Untuk websitenya terdiri dari 5 halaman, yaitu halaman home , berisi tampilan awal saat mengunjungi website. Halaman about, berisi tentang profil desa. Halaman Produk Lokal, berisi toko online setiap produk lokal . Halaman WBLL , berisi objek wisata WBLL (Wisata Blayu Lesti Lestari) salah satu destinasi wisata yang terdapat di desa Blayu. Dan yang terakhir halaman Digital Marketing, berisi langkah langkah bagaimana cara memasarkan produk secara online, di halaman ini , warga juga bisa mendaftarkan produk atau usaha nya untuk ditampilkan di website.
"Untuk kedepannya, saya serahkan kepada pak Wiwin untuk update konten di website ini" ujar Ahsan, selaku penanggung jawab pembuatan website KKN UM. Karena kedepannya, UMKM desa akan terus berkembang, baik destinasi wisata, hasil bumi, kerajinan tangan , dsb. Dan semua itu harus dimuat di dalam website desa, agar masyarakat umum bisa mengatahui produk UMKM desa Blayu dan meningkatkan ekonomi masyarakat desa . Website bisa dikunjungi di link ini
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H