Lihat ke Halaman Asli

KKN UM Argosuko 2021

Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang Tahun 2021

Pembuatan Desain Gedung Serbaguna Berbasis Aspirasi Masyarakat di Desa Argosuko oleh Mahasiswa KKN UM 2021

Diperbarui: 21 Juli 2021   17:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penggalian informasi kepada masyarakat/Dokumentasi pribadi

Kabupaten Malang (21/07/2021) Pembangunan di desa harus diupayakan semata-mata untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan fisik seperti gedung pertemuan warga, bangunan pasar, dan lain sebagainya  guna menunjang aktivitas masyarakat menjadi parameter bagi upaya untuk memajukan desa.

Berdasarkan hal tersebut akhirnya diusulkan menjadikan perancangan desain gedung serbaguna sebagai salah satu program kerja Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang tahun 2021. 

Mahasiswa yang terdiri dari 15 orang dan berlokasi di Desa Argosuko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, melakukan salah satu program kerja yaitu Pembuatan Desain Gedung Serbaguna Berbasis Aspirasi Masyarakat di Desa Argosuko, Kecamatan Poncokusumo.

Setelah program kerja ini disetujui oleh Dosen Pembimbing dan disepakati oleh Kepala Desa Argosuko dengan arahan nantinya gedung ini akan digunakan untuk beberapa kegiatan, baik itu kegiatan olahraga, budaya, maupun kegiatan masyarakat lainnya. 

Sehingga perencanaannya juga harus memperhatikan fungsi dan kegunaan gedung serbaguna ke depannya. 

Selain itu, juga segi estetika juga diperhatikan sehingga bangunan yang didesain memiliki nilai seni yang dapat memanjakan mata. Lokasi gedung yang berada tepat di sebelah Balai Desa Argosuko menjadikan gedung ini bisa menjadi sarana multifungsi untuk menunjang kegiatan masyarakat yang ada.

Proses desain dikerjakan menggunakan software yang sudah sering digunakan, yaitu software AutoCad dengan mendesain bagian depan, samping, serta bagian dalam gedung.

desain gedung bagian dalam/dokumentasi pribadi

Program kerja ini berhasil dilaksanakan berkat dukungan dari Desa berupa ketersediaan lahan dan juga komunikasi yang lancar dengan para mahasiswa lainnya. Pembuatan desain gedung serbaguna ini hasil dari kolaborasi antar para anggota Mahasiswa KKN UM Desa Argosuko




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline