Lihat ke Halaman Asli

KKN UM Argosuko 2021

Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang Tahun 2021

Pelatihan Merajut Sebagai Wujud Ekonomi Kreatif di Kalangan Ibu-Ibu PKK

Diperbarui: 14 Juli 2021   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep baru di bidang perekonomian yang mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia untuk mengembangkan sektor perekonomian khususnya pada industri kreatif. Jenis dari industri kreatif ini bermacam-macam salah satunya yaitu kerajinan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami selaku peserta KKN Universitas Negeri Malang di Desa Argosuko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang mengadakan sebuah pelatihan yaitu merajut untuk mewujudkan ekonomi kreatif di desa tersebut. Pelaksanaan kegiatan ini tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada sebagai upaya untuk mengurangi rantai penyebaran virus covid-19.

Dok. pribadi

Pelatihan ini dilaksanakan di Balai Desa Argosuko pada Rabu, 07 Juli 2021 pukul 10.00 WIB dan berlangsung kurang lebih selama 2 jam. Peserta dalam pelatihan ini terdiri dari 8 orang yaitu Ibu-ibu PKK dan seorang pemateri yang tentunya sangat berpengalaman pada bidangnya. Menurutnya, menjadi seorang pemateri dalam sebuah pelatihan dapat dijadikan sarana untuk menyalurkan ilmunya agar bermanfaat bagi orang lain. Hal ini dapat terlihat dari keuletan dan ketelatenan pemateri dalam menyampaikan tahapan maupun tata cara dalam merajut.  Sehingga selama kegiatan berlangsung, antusias Ibu-ibu sangat terlihat karena mereka semangat dan sungguh-sungguh dalam menyimak arahan dari pemateri serta mempunyai keinginan yang besar untuk mencoba.

Dok. pribadi

Pelatihan ini menghasilkan barang kerajinan berupa tatakan gelas yang dibuat dengan menggunakan teknik dasar merajut. Harapannya melalui pelatihan ini nantinya Ibu-ibu dapat mengembangkan teknik tersebut untuk membuat barang kerajinan yang lebih bervariasi dan mempunyai nilai jual seperti tas, konektor masker, dompet, dan lain-lain. Selain itu dengan adanya pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan di kalangan Ibu-ibu PKK untuk mengangkat perekonomian desa melalui konsep ekonomi kreatif pada industri kreatif.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline