Lihat ke Halaman Asli

KKN-T UMAHA 01 Bantu Kembangkan BUMDes Melalui Pelatihan Administrasi hingga Peduli Lingkungan

Diperbarui: 11 September 2023   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TIM DEKDOK KKNT 01

SIDOARJO - KKN-T UMAHA Tahun 2023 Kelompok 01 membantu mengembangkan BUMDes Becirongengor dalam rangka mengembangkan potensi lokal untuk kesejahteraan masyarakat desa. Kegiatan ini berhasil mendapatkan apresiasi dari Kepala Desa Becirongengor, Pak Subekhan lantaran berhasil membantu kelancaran operasional BUMDes.

Diketahui bahwa BUMDes Becirongengor telah lama berdiri. Namun, sempat vakum akibat COVID-19 yang mematikan. Hingga akhirnya pada tahun 2020 dilakukan renovasi serta pemindahan lokasi BUMDes yang awalnya di dalam balai desa beralih ke ruko samping balai desa yang merupakan jalan menuju SMP Becirongengor. Pemindahan lokasi tersebut dinilai strategis untuk bisa mengembangkan BUMDes tersebut. Hal itu dikarenakan, BUMDes tidak hanya melayani jasa namun juga penjualan barang berupa ATK, layanan print dan fotocopy, snack serta minuman dingin. Sehingga SDM yang melayani BUMDes yang berjumlah satu orang mengalami kewalahan untuk melayani customer dan pembayaran masyarakat.

BUMDes Becirongengor melayani berbagai pembayaran seperti transfer, pembayaran listrik, pajak hingga kolaborasi dengan sorum kendaraan bermotor agar bisa memudahkan masyarakat yang hendak melakukan kredit motor melalui BUMDes.

Tim Dokumentasi

Kelompok 01 pun inisiatif menawarkan bantuan serta pelatihan untuk pembuatan laporan keuangan harian untuk BUMDes. Setiap senin -- sabtu perwakilan dari kelompok 01 KH. Hasyim Asy'ari berangkat ke BUMDes umtuk membantu kegiatan operasional disana dari pukul 08.00 -- 12.00 WIB. Baik melayani pembayaran, pembelian atau fotocopy. Kelompok 01 pun juga membantu dalam administrasi BUMDes berupa pembuatan laporan SPT dan pajak tahunan.

Sayangnya BUMDes Becirongengor belum melaksanakan penyusunan laporan harian sehingga hal itu perlu diperbaiki. Hal itu pun juga mendorong Kelompok 01 untuk memberikan sosisalisasi dan pelatihan mengenai pentingnya penyusunan laporan harian secara detail dan rinci. Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan bisa membantu penyusunan laporan harian untuk membantu administrasi inventaris dan keuangan BUMDes.

Tim Dokumentasi

Keberadaan BUMDes yang berada di lingkungan balai desa Becirongengor membuat kelompok 01 berinisiatif  untuk peduli terhadap lingkungan balai desa. Kelompok 01 pun menilai balai desa Becirongengor masih kekurangan tempat sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, sebagai bentuk peduli lingkungan kelompok 01 pun memberikan tempat sampah untuk beberapa titik di balai desa yang dinilai belum adanya tempat sampah.

Dengan tempat sampah tersebut diharapkan mampu membantu pengunjung balai desa agar mudah membuang sampah untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan asri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline