Lihat ke Halaman Asli

Ayu Soraida

HANYA BUAT KKN HEHE

Pentingnya Memberikan Edukasi tentang Sex kepada Remaja di Desa Clarak

Diperbarui: 11 Juli 2021   16:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cr by: kknum_clarak

Mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang 2021 di Desa Clarak, Kecamatan Leces mengadakan sosialisasi sex education di Balai Desa Clarak, yang diikuti oleh remaja SMP dan SMA. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2021. Tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi sex education di Desa Clarak adalah untuk menjelaskan tentang sex kepada anak remaja di Desa Clarak supaya dapat memahami apa yang berkaitan dengan sex di dalam kehidupan sehari-hari:

1. Peserta dapat mengetahui hal apa saja yang berkaitan dengan sex.

2. Peserta dapat mengetahui berbagai permasalahan secara nyata yang terjadi jika melakukan sex bebas.

3. Memberikan arahan kepada peserta untuk menghindari sex bebas supaya tidak terjadi kasus hamil di luar nikah.

4. Peserta mempunyai tanggung jawab terhadap dirinya.

Sex Education sangat penting untuk bekal remaja di Zaman globalisasi ini, kebanyakan masyarakat menganggap Sex Education ini adalah hal yang tabu dan juga tak jarang masyarakat yang berfikiran hal tersebut termasuk Pornografi. Pendidikan seks sangat dibutuhkan oleh semua orang karena banyak hal yang dapat ditanggulangi dan dicegah. 

Pada sosialisasi tersebut remaja dikenalkan berbagai penyakit seks yang dapat menular. Pemateri menjelaskan cara menularnya dan ciri -- ciri penyakit seks seperti IMS dan HIV/AIDS. 

Saat penyampaian materi, peserta cukup antusias mendengarkan materi sosialisasi sex education dan 2 anak bertanya tentang seputar sex education dan 1 anak menjawab pertanyaan dari pemateri. 3 anak yang aktif tersebut mendapatkan hadiah sebagai reward untuk berani bertanya dan menjawab.

Kegitan sosialisasi yang di selenggarakan di balai desa berjalan dengan lancar dan sebelum mengikuti kegiatan peserta wajib mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Para panitia dan pemateri dari mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang juga mematuhi protokol kesehatan hingga kegiatan selesai

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline