Lihat ke Halaman Asli

KKNUm Banjarejo

KKN UM Banjarejo

Inisiasi Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Rombak Website Profil Desa Banjarejo

Diperbarui: 21 Juli 2023   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi penulis

Desa Banjarejo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa ini memiliki berbagai macam keunikannya tersendiri. Mulai dari letak geografis, sektor pertanian yang melimpah, UMKM sandang dan pangan, hingga ciri khas kesenian yang melekat di masyarakatnya yaitu seni Kuda Lumping dan Bantengan yang masih dilestarikan di desa tersebut.

Keunikan-keunikan yang dimiliki Desa Banjarejo berpotensi untuk dikenal oleh publik secara lebih luas. Salah satunya melalui website profil desa. Desa Banjarejo memiliki website profil desa yang secara default dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI tingkat Kabupaten Malang. Namun, informasi-informasi yang terdapat di dalam website profil tersebut belum tersedia lengkap, seperti belum adanya informasi mengenai struktur organisasi desa, bentuk layanan, hingga potensi desa yang telah disebutkan sebelumnya. Belum tersedianya informasi-informasi tersebut karena tidak adanya perangkat desa yang memiliki akses atau menginiasi untuk melakukan update pada website profil Desa Banjarejo. 

Dokumentasi pribadi penulis

Oleh karena itu, mahasiswa-mahasiswi dari Universitas Negeri Malang yang sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Banjarejo menginisiasi untuk melakukan rombak pada website profil Desa Banjarejo dengan melengkapi beberapa informasi yang belum tersedia sebelumnya. Tujuannya agar kehidupan dan potensi Desa Banjarejo dapat dikenal lebih luas oleh publik secara positif.  Perombakan yang dilakukan dimulai dari mencari akses untuk masuk ke dalam website profil Desa Banjarejo, sehingga mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang bisa melakukan update website hingga publish

Website Profil Desa Banjarejo dibangun dengan menggunakan tech-stack Next JS dengan bahasa pemrograman utama yaitu Javascript. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline