Lihat ke Halaman Asli

KKNTUNIGORO252024

Mahasiswa Universitas Bojonegoro

Membangun Generasi Sehat: Mahasiswa KKN-TK Kelompok 25 Kenalkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di SDN Sugihwaras 1, Kecamatan Kepohbaru

Diperbarui: 18 Juli 2024   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama guru,murid, dan mahasiswa KKN-TK kelompok 25/dok. pri

Rabu, 17 Juli 2024 Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat, Mahasiswa KKN-TK kelompok 25 adakan kegiatan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat yang melibatkan seluruh siswa SDN Sugihwaras 1 Kecamatan Kepohbaru dari mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6. Acara ini berlangsung pada hari rabu kemarin di lapangan sekolah tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan sejak dini.

Praktik cuci tangan/dok. pri

Kegiatan ini diawali dengan praktek cara cuci tangan yang baik dan benar, yang mana dalam kegiatan ini mahasiswa mengajarkan pada siswa SD langkah demi langkah dalam mencuci tangan agar benar -- benar bersih dan terbebas dari kuman. Setelah praktek mencuci tangan anak -- anak SD diberi kuis seputar pengetahuan mereka terkait bagaimana pola hidup bersih dan sehat, serta siswa yang berani maju dan menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan hadiah hiburan.

Praktik sikat gigi/dok. pri

Kegiatan selanjutnya setelah mencuci tangan adalah praktek sikat gigi yang benar, pentingnya menjaga kesehatan mulut, serta memberi pengetahuan kepada siswa terkait bagaimana dampak dari kebiasaan buruk seperti jarang menyikat gigi dan mengkonsumsi makanan yang manis -- manis. Dalam kegiatan ini siswa tampak antusias mengikuti setiap penjelasan dan praktek yang diberikan oleh mahasiswa KKN-TK kelompok 25.

Setelah praktek sikat gigi siswa diberi waktu istirahat sekitar 30 menit dan ditutup dengan kegiatan funday yang di isi game oper bola untuk melatih kecekatan siswa. Melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) ini diharapkan para siswa dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari -- sehari mereka, baik di sekolah maupun di rumah.

Sedangkan dari pihak guru - guru  SDN Sugihwaras 1 Kecamatan Kepohbaru sendiri memberikan respon yang tak kalah baik terkait program sosialisasi dan penyuluhan PHBS ini dan berharap dapat terus berlanjut, lebih sering diadakan serta apabila nanti mahasiswa ada hari kosong bisa mampir lagi ke SD untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas lagi kepada para siswa siswi di SDN Sugihwaras 1.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline