Lihat ke Halaman Asli

KKN TULUNGREJO UM

KKN Tematik Peduli Stunting Universitas Negeri Malang

Podcast "CENTING (Cegah Stunting)" Sebagai Upaya Penyediaan Media Promosi Luar Ruang oleh Mahasiswa KKN UM Desa Tulungrejo

Diperbarui: 30 November 2023   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan

Media promosi kesehatan merupakan semua sarana atau upaya untuk menampilkan pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator sehingga sasaran dapat meningkatkan pengetahuannya baik melalui media cetak, media elektronik, maupun media luar ruangan. Seiring dengan berkembangnya zaman, penyediaan media promosi kesehatan tidak hanya melalui media cetak saja, namun juga melalui media luar ruangan. Media luar ruangan yaitu media yang menyampaikan pesannya diluar ruangan secara umum melalui media cetak dan elektronika secara statis.

Dalam upaya menurunkan angka stunting Mahasiswa KKN UM Desa Tulungrejo membuat media promosi luar ruang yaitu Podcast CENTING (Cegah Stunting). Podcast tersebut dilaksanakan pada 31 Oktober 2023 di Ruang PKK Desa Tulungrejo. Podcast tersebut mengundang 2 narasumber yaitu Ibu Sri Rahayu, DPd, MM., selaku Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Bumiaji dan Ibu Ngesti Purwaningsih selaku Ibu Lurah Desa Tulungrejo.

Kegiatan podcast dibuka dengan perkenalan narasumber dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada narasumber. Sesi tanya jawab pertama dengan Bu Ngesti Purwaningsih terkait program yang telah dilakukan pihak Desa Tulungrejo untuk menangani stunting serta persentase penurunan stunting di Desa Tulungrejo.

"Untuk bulan kemarin, pertama kalinya 104 balita stunting. Kita validasi jadi 95, alhamdulillah sekarang sudah menjadi 74 balita stunting" Ungkap Ibu Ngesti Purwaningsih.

Sesi tanya jawab kedua dilakukan dengan Ibu  Sri Rahayu, DPd, MM., terkait pencegahan yang telah dilakukan pihak PLKB, dampak atau efek buruk bagi anak yang mengalami stunting, tips mencegah stunting, serta peran penurunan stunting dengan lintas sektor. Setelah sesi tanya jawab selesai dilanjutkan dengan kesan pesan dari narasumber untuk Masyarakat terutama di Desa Tulungrejo.

"Tips atau cara cepat untuk pencegahan stunting yaitu dengan Pemberian ASI eksklusif, pemberian makanan tambahan MPASI, serta pemantauan tumbuh kembang baduta dan balita" ungkap Ibu Sri Rahayu.

Link Youtube : https://youtu.be/A6PPk4k1GkI?si=qhQgp11qWs6RY-Y2




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline