Lihat ke Halaman Asli

KKN TULUNGREJO UM

KKN Tematik Peduli Stunting Universitas Negeri Malang

Penyuluhan Terkait Kesehatan Reproduksi Remaja di SMPN 4 Batu oleh Mahasiswa KKN UM Desa Tulungrejo

Diperbarui: 13 November 2023   08:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan/dokpri

Remaja merupakan kelompok rentan terhadap berbagai masalah kesehatan reproduksi seperti penyebaran penyakit kelamin, Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD), dan kekerasan seksual.  Menjadi seorang remaja artinya sudah melalui proses yang melelahkan dan banyak memerlukan adaptasi. Pengetahuan yang kurang mengenai kesehatan reproduksi seringkali berdampak pada permasalahan kesehatan reproduksi yang dihadapi remaja.

Salah satu program kerja KKN MBKM ini adalah Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan reproduksi remaja, meningkatkan sikap perilaku sehat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya mempelajari kesehatan reproduksi.

Dokumentasi Kegiatan/dokpri

Penyuluhan dilaksanakan pada hari Rabu, 01 November 2023 di SMP Negeri 4 Batu yang berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Sasaran dari kegiatan ini ditunjukkan kepada siswa-siswi kelas 8 yang berjumlah sekitar 200 siswa. Penyuluhan kesehatan reproduksi remaja ini dibawakan oleh 2 orang pemateri dari anggota KKN Tematik BKKBN UM yaitu Sila Kriscahyanti dan Frista Nur Fadhilah. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Sri Rahayu, D.Pd., MM selaku penyuluh keluarga berencana desa tulungrejo, kec. Bumiaji.

“Pemeriksaan kesehatan secara teratur sangat penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui penyebab dari penyakit tersebut itu apa dan berkonsultasi dengan dokter jika ada masalah kesehatan reproduksi” ungkap Ibu Sri Rahayu.

Dokumentasi Kegiatan/dokpri

Program kerja ini memberikan sex education tentang pentingnya menjaga dan merawat kebersihan organ reproduksi. Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan perkenalan setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi menggunakan video animasi. Materi yang disampaikan meliputi pengertian kesehatan reproduksi, cara menjaga kebersihan organ reproduksi, ciri-ciri pubertas, hubungan seksual pranikah, jenis-jenis penyakit menular seksual dan cara mencegahnya.

Setelah pemaparan materi selesai, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Siswa yang dapat menjawab pertanyaan, diberikan reward oleh mahasiswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline