Lihat ke Halaman Asli

KKN TULUNGREJO UM

KKN Tematik Peduli Stunting Universitas Negeri Malang

Senam Sehat sebagai Upaya Gerakan Hidup Bersih Sehat dan Lingkungan Sehat bersama Siswa SMPN 4 Batu

Diperbarui: 12 November 2023   20:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan

Senam merupakan aktivitas fisik yang dapat dilaksanakan secara perorangan maupun berkelompok, manfaat dari melakukan senam adalah dapat meningkatkan kebugaran fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Disamping itu, melakukan senam dipercaya dapat memberi dampak positif terhadap prestasi belajar dan kesehatan mental siswa. Dalam prosesnya, melakukan senam dapat meningkatkan perkembangan secara menyeluruh meliputi perkembangan sosial, emosional, fisik, dan mental. Seluruh panca indera dapat aktif belajar untuk dapat mendengar, melihat, memproses dan mengikuti gerakan serta lagu yang mengiringi. 

Dokumentasi Kegiatan

Melalui kesempatan yang ada, mahasiswa KKN UM Desa Tulungrejo mengadakan kegiatan senam bersama siswa dalam rangka mendukung poin keempat dari Sustainable Development Goals (SDGs) terkait Pendidikan Berkualitas (Quality Education). Pendidikan yang berkualitas termasuk dalam mengenali dan meningkatkan potensi siswa baik secara akademis maupun non-akademis. Melalui senam, diharapkan menjadi waktu bagi siswa untuk dapat melepaskan stress dan meningkatkan kemampuan dan kesiapan otak untuk dapat secara optimal mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

Dokumentasi Kegiatan

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada 1 November 2023 di SMP Negeri 04 Kota Batu, diikuti oleh guru dan seluruh siswa-siswi kelas 8 yang berjumlah 200 siswa-siswi. Senam dilaksanakan di pagi hari sebelum para siswa melaksanakan proses pembelajaran reguler dengan durasi selama 30 menit.

Dokumentasi Kegiatan

Pada kegiatan senam, dibuka dengan perkenalan yel-yel yang berkaitan dengan kegiatan. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan senam yang dibagi dalam 3 sesi, yaitu; senam pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Seluruh siswa SMP Negeri 04 Kota Batu dapat dengan baik dan kondusif mengikuti kegiatan ini. Acara diakhiri dengan pembagian konsumsi berupa air mineral dan snack.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline