Lihat ke Halaman Asli

KKN 122Trebungan

Universitas Jember

KKN UMD 122 Melakukan Upaya Peningkatan Pemesanan dan Pemasaran Pabrik Tahu Sisil

Diperbarui: 17 Agustus 2023   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Tim Publikasi Mahasiswa KKN 122 Trebungan-Mlandingan-Situbondo

Situbondo, KKN 122 -- Pabrik Tahu Sinar Putri atau yang lebih dikenal sebagai Pabrik Tahu Sisil oleh masyarakat sekitar beralamat di Dusun Krajan Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pabrik Tahu Sisil sudah berdiri dari Tahun 1999 sampai saat ini (16/8).

Pabrik yang sudah berusia lebih dari 20 tahun ini sudah mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang diberikan oleh Kantor Dinas Perdagangan di tingkat Kabupaten dan Kantor Pelayanan Perizinan setempat. SIUP memiliki fungsi utama yaitu sebagai dokumen perizinan yang sah dari negara terhadap usaha yang sedang atau akan dijalankan.

Hasil produksi tahu dipasarkan ke beberapa daerah di Situbondo seperti Besuki dan sekitarnya, bahkan sudah dikirim juga keluar Situbondo seperti Bondowoso. Pemesanan dilakukan melalui WhatsApp yang diKelola langsung oleh admin yaitu anak dari pemilik Pabrik Tahu Sisil. "Kalau ada yang pesan biasanya lewat WA biasa. Adminnya anak saya sendiri" Ujar Sariwan, Pemilik Pabrik Tahu Sisil.

Dalam upaya peningkatan kegiatan pemesanan dan pemasaran Pabrik Tahu Sisil, kami dari KKN UMD 2023 Kelompok 122 membantu menyusun strategi untuk mengoptimalkan proses pemesanan dan pemasaran dari Pabrik Tahu Sisil yaitu pembuatan WhatsApp Bisnis sebagai langkah peningkatan layanan dalam pemesanan produk tahu.

Kami melakukan pendekatan berupa edukasi perihal fitur-fitur penting dalam WhatsApp Bussiness yang dapat membantu meringankan pekerjaan Admin dalam proses pemesanan seperti adanya fitur bot untuk membalas pesan dari konsumen yang menghubungi Pabrik Tahu, fitur katalog yang berfungsi untuk melihat nama produk, foto produk, deskripsi produk, harga produk sehingga memudahkan konsumen dalam melakukan pemesanan, hingga pengisian profil dari Pabrik Tahu Sisil.

Upaya kami untuk meningkatkan proses pemesanan dan pemasaran melalui WhatsApp Bussiness mendapatkan respon positif dari Pemilik Pabrik Tahu Sisil, "Saya berkenan untuk dibuatkan. Saya rasa saya itu (WhatsApp Bussiness) diperlukan agar lebih efisien" Kata Sariwan. Pemilik Pabrik Tahu Sisil yaitu Sariwan memiliki impian di masa depan untuk membuat rumah produksi tahunya seperti produksi tahu di Negara China yang memiliki tingkat kebersihan yang tinggi dan menghasilkan produk tahu yang berkualitas tinggi pula.

Penulis: Ariza dan Annissa

Editor: Tim Redaksi Mahasiswa KKN 122




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline