Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 40 KKNT-MBKM UPN "Veteran" Jatim Melakukan Inovasi Produk Susu UMKM Momoo

Diperbarui: 31 Mei 2022   08:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

 

Surabaya- Selain terkenal dengan wisata Taman Hutan Raya Pakal kelurahan Pakal, Jawa Timur terkenal sebagai penghasil susu sapi dan kambing produk UMKM Momo. 

Kelompok 40 KKNT-MBKM asal Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur berinovasi untuk diservikasi produk dari Susu Momoo yang berada di kelurahan Pakal. Susu Momoo ini terdiri dari susu sapi dan susu kambing murni ini yang langsung diambil dari hewannya.

Susu segar hasil perahan disimpan ke dalam cooling unit atau tempat pendingin dalam waktu kurang dari satu jam. Itu dilakukan untuk menjaga kualitas susu agar tetap terjaga baik, "Susu segar yang baru diperah harus disimpan dalam tempat pendingin agar kualitas susu terjaga, jika tidak segera disimpan akan terkontaminasi bakteri di sekelilingnya. Makanya dalam memperlakukan susu segar harus bener," ujar owner susu Momoo

Susu Momoo ini hanya memiliki produk susu sapi dan susu kambing murni. Tidak ada olahan lain untuk diperjual belikan hanya susu murni yang dikemas dalam plastik literan. Sehingga dengan munculnya permasalahan ini dan kurangnya melihat peluang usaha, 

Kelompok 40 berinovasi untuk melakukan diservikasi produk olahan dari susu sapi dan kambing ini dengan membuat produk yaitu berupa minuman (es susu jelly) dan makanan (vanilla silky pudding). Untuk produk minumannya ada 4 varian rasa yaitu rasa taro, rasa coklat, rasa cappucino, dan rasa macha. Untuk produk makanan nya 1 varian rasa yaitu rasa vanilla dengan topping saus caramel yang tertulis di logo stiker packgaging yang kekinian ini.

Untuk membuat Es Susu Jelly tidaklah sulit. Tiga liter susu segar direbus mengguunakan panci lalu didinginkan sambil menunggu susu dingin. Selanjutnya membuat Jelly rasa Vanilla. Lalu siapkan blander dengan mencampurkan susu murni,creamer,gula pasir, salah satu bubuk perasa seperti varian rasa kekinian yaitu Taro, Coklat, Capuccino dan rasa Macha dan tidak lupa tambahkan es batu secukupnya.

Dan untuk membuat Vanila Silky Pudding hampir mirip dengan pembuatan Es Susu jelly dengan merebus susu segar yang dicampurkan dengan gula pasir dan bubuk nutrijel aduk hingga mendidih dengan api kecil. Lalu tinggal kasih topping saus caramel.

Dengan adanya produk baru dari susu Momoo ini, diharapkan produk UMKM Momoo di Kelurahan Pakal bisa menjadi lebih bervariasi dan lebih luas dalam target pemasarannya yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi tingkat penjualan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline